Sukses

Parenting

4 Tips Mencegah Mabuk Kendaraan pada Anak saat Mudik

ringkasan

  • 1. Berikan Waktu Tidur yang Cukup untuk Anak
  • 2. Jangan Biarkan Perut Anak Kosong
  • 3. Membantu Anak untuk Aktif dalam Perjalanan

Fimela.com, Jakarta Melakukan perjalanan mudik dengan anak memang butuh persiapan khusus. Apalagi kalau anak mudah mengalami mabuk perjalanan, kita harus bisa mengantisipasinya agar ia bisa tetap merasa nyaman selama melakukan perjalanan. Untuk perjalanan jauh, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan agar anak tetap bisa menikmati perjalanan dengan tenang.

Seperti yang dilansir dari hellosehat.com, mabuk kendaraan disebabkan oleh sinyal yang dikirim dari indra pergerakan, seperti: mata, bagian dalam telinga, saraf pada kaki dan tangan, ke otak. Seseorang bisa merasa mual apabila sinyal yang diterima dan dikirim tidak sinkron satu sama lain. Misal, saat duduk di kursi yang rendah dalam mobil kata tak bisa melihat keluar jendela tapi bagian dalam telinga kita dapat merasakan pergerakan sementara mata dan saraf kita tak merasakannya. Kondisi seperti itu pun bisa memicu mabuk kendaraan.

Untuk mencegah anak mabuk kendaraan saat mudik, berikut empat tips yang bisa dicoba.

1. Berikan Waktu Tidur yang Cukup untuk Anak

Akan lebih baik bila perjalanan dimulai pada siang hari. Malam sebelumnya usahakan anak mendapat tidur yang cukup. Dan pada siang hari, anak bisa memanfaatkan waktunya di perjalanan untuk tidur. Sehingga saat tiba di tempat tujuannya, tubuhnya bisa terasa lebih bugar.

 

2. Jangan Biarkan Perut Anak Kosong

Tiga jam sebelum perjalanan, anak perlu makan terlebih dahulu. Setidaknya perutnya jangan sampai kosong. Atau beri camilan ringan sebelum perjalanan. Selain bisa mengurangi rasa lapar, makan dulu sebelum berangkat mudik dapat mencegah gejala mabuk kendaraan memburuk. Hindari makanan yang memicu perut kembung.

3. Membantu Anak untuk Aktif dalam Perjalanan

Bila tak bisa tidur dalam perjalanan, kita bisa membantu anak untuk aktif dalam perjalanan. Membuat anak tetap aktif dapat mengalihkan perhatiannya dari rasa mual. Kegiatan menyanyi atau sekadar mengajaknya mengobrol bisa membantunya terhindar dari mabuk perjalanan. Bermain game yang menyenangkan selama perjalanan juga bisa bantu cegah mabuk pada anak. Tapi bila anak sudah menunjukkan gejala keluar keringat dingin, terus menguap, dan mual, kita perlu segera membantunya mendapat angin segar atau istirahat sejenak.

4. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan sebelum Perjalanan

Mabuk perjalanan juga bisa disebabkan karena stres. Agar anak tidak mengalami stres dan rentan mabuk perjalanan, coba bantu ciptakan suasana yang menyenangkan sebelum perjalanan. Ceritakan hal-hal menyenangkan yang akan dialami selama mudik. Saat anak mulai semangat dan suasana hatinya membaik, dia bisa lebih rileks dan tidak mudah mabuk.

Itu tadi empat tips yang bisa dicoba untuk mencegah anak mabuk perjalanan saat mudik. Semoga infonya membantu, ya.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading