Sukses

Parenting

Berpuasa Saat Hamil, Hindari Makanan Ini untuk Berbuka Puasa Mom

ringkasan

  • Makanan yang terlalu manis
  • Aneka buah pemicu asam lambung
  • Makanan cepat saji

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramadan merupakan kewajiban bagi umat Islam yang telah memenuhi syarat dan ketentuan. Selama kuat dan aman buat janin di kandungan maupun buat dirinya sendiri, ibu hamil juga wajib berpuasa meski ada keringanan yang membolehkannya meninggalkan puasa lantas menggantinya di hari lain.

Bagi Sahabat Fimela yang sedang hamil dan ikut berpuasa di Ramadan kali ini, usahakan agar lebih hati-hati dalam menutrisi tubuh ya. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi diri sendiri juga janin di kandungan agar tumbuh kembangnya berjalan baik. Konsumsi makanan yang sehat dengan kandungan nutrisi cukup saat berbuka puasa maupun sahur.

Melansir dari laman liputan6.com, penting juga bagi ibu hamil menghindari beberapa makanan saat berbuka agar kesehatan senantiasa terjaga. Berikut makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil berpuasa saat berbuka.

Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Teh Herbal

Sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi teh herbal selama hamil apalagi dibarengi dengan momen puasa. Konsumsi teh herbal justru dikhawatirkan bisa berbahaya bagi kesehatan diri sendiri maupun janin. Jika pun ingin konsumsi teh herbal, pastikan untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter dulu.

Makanan Terlalu Manis

Berbuka puasa memang disarankan untuk berbuka dengan makanan manis. Namun jangan sampai berbuka dengan makanan yang terlalu manis ya. Ibu hamil sangat tidak disarankan berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang terlalu manis karena ini bisa meningkatkan risiko diabetes selama kehamilan. Konsumsi glukosa yang berlebihan juga bisa membuat ibu maupun janin mengalami obesitas.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang dikenal memiliki rasa super lezat dan cepat penyajiannya. Namun Sahabat Fimela, makanan cepat saji sebaiknya dihindari untuk berbuka puasa. Dikhawatirkan makanan ini mengandung bakteri, virus atau hal lain yang bisa mengganggu tumbuh kembang janin. Makanan cepat saji yang mengandung penyedap, pewarna dan pengawet berlebihan amat penting untuk dihindari.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Buah Pemicu Asam Lambung

Beberapa jenis buah yang memicu asam lambung seperti nangka, durian, cempedak dan makanan lain dengan kandungan gas tinggi sangat penting dihindari selama hamil dan berpuasa. Makanan ini bisa meningkatkan asam lambung yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang dan kenyamanan janin di kandungan.

Makanan Beku

Ibu hamil juga perlu menghindari makanan beku untuk berbuka puasa, Makanan beku umumnya mengandung garam cukup berlebih. Sementara ibu hamil disarankan tidak berlebihan dalam mengonsumsi garam. Jika pun ingin mengonsumsi makanan beku, pastikan untuk memilih makanan beku organik dengan kandungan garam dan lemak rendah.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil saat berbuka puasa. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankannya.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Loading