Sukses

Parenting

Pertolongan Pertama pada Anak yang Demam, Simak Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua, kita pasti akan merasa cemas saat mengetahui suhu tubuh anak meningkat. Mendapati anak mengalami demam, kita bisa langsung panik. Tapi dalam kondisi seperti itu, penting bagi kita untuk bisa tetap tenang.

Seperti yang dilansir dari kidshealth.org, demam itu tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan infeksi. Saat demam, anak bisa rewel, merasa tidak nyaman, tubuhnya terasa lebih hangat daripada biasanya, berkeringat, dan wajahnya tampak memerah. Untuk memberi pertolongan pertama pada anak yang demam, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Selengkapnya, langsung saja simak di sini ya.

1. Beri Air Putih

Pastikan anak tidak sampai mengalami dehidrasi. Bantu anak untuk minum banyak air putih. Penuhi kebutuhan cairan tubuhnya agar kondisinya bisa segera pulih.

2. Beri acetaminophen atau ibuprofen

Kita bisa memberikan acetaminophen atau ibuprofen pada anak sesuai dengan rekomendasi atau resep dokter. Tapi hati-hati, jangan sampai kita memberi aspirin pada anak.

 

3. Kompres dengan Air Hangat

Hindari menggunakan alkohol untuk mengompresnya. Untuk sementara, jangan dulu membiarkan anak mandi dengan air dingin. Kita bisa mengompresnya dengan handuk tipis yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk membantu menurunkan demamnya.

4. Beri Selimut Tipis

Ganti baju anak dengan yang berbahan lebih ringan dan menyerap keringat. Berikan juga selimut tipis untuk menjaga suhu tubuhnya agar bisa kembali normal.

5. Bantu Anak Mendapat Istirahat Total

Izinkan anak makan sesuatu yang diinginkannya (selama tidak membahayakan kesehatannya). Tak perlu terlalu memaksanya langsung makan dalam jumlah banyak bila ia sendiri masih tidak bernafsu makan. Bila kondisi demam disertai dengan muntah dan/atau diare, maka kita perlu segera menghubungi dokter.

Bila bayi berusia di bawah 3 bulan mengalami demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius, segera hubungi dokter. Bila tubuh anak disertai ruam-ruam saat demam, juga sebaiknya jangan menunggu terlalu lama untuk segera pergi ke rumah sakit. Semoga info di atas bisa cukup membantu untuk memberi pertolongan pertama yang tepat pada anak yang demam.

Loading