Sukses

Parenting

4 Alasan Utama Anak Harus Makan Wortel Setiap Hari

ringkasan

  • Kesehatan mata dan imun tubuh
  • Mencegah konstipasi
  • Menjaga kesehatan otak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak memang sebaiknya dikenalkan dengan berbagai makanan sehat sejak kecil, sejak ia sudah mengenal makanan padat, salah satunya adalah wortel. Wortel mungkin menjadi salah satu sayur yang mudah diterima anak-anak karena rasanya yang cukup manis dan warnanya yang terang seringkali lebih menarik untuk dimakan.

Meski demikian, banyak juga anak-anak yang susah makan wortel. Padahal ada banyak manfaat yang didapat anak jika banyak mengonsumsi wortel, seperti sekian manfaat berikut ini.

1. Kesehatan mata dan imun tubuh

Tinggi Vitamin A (beta-karoten), nutrisi esensial ini penting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata serta membangun imunitas tubuh anak terhadap penyakit. Antioksidan kuat ini juga berperan sebagai anti penuaan dan menjaga kulit segar dan sehat.

2. Mencegah konstipasi

Serat pada wortel yang mudah dicerna akan membantu membersihkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Bukan hanya itu, serat makanan juga membantu sekresi cairan usus sehingga bisa mendorong pergerakan makanan di perut lebih baik, dengan kata lain melancarkan pencernaan.

Manfaat Makan Wortel

3. Meredakan diare

Wortel bukan hanya mencegah susah buag air besar namun juga ampuh meredakan rasa sakit saat diare. Jus wortel membantu secara efektif mengurangi frekuensi buang air besar dan mengganti kehilangan cairan tubuh karena diare.

4. Menjaga kesehatan otak

Berbagai vitamin dan mineral dalam wortel, seperti vitamin A, C dan B kompleks mampu menjaga fungsi otak dan meningkatkan kemampuan kognitif karena vitamin yang berperan sebagai antioksidan bisa mengurangi inflamasi pada otak.

Secara umum, nutrisi yang terkandung dalam wortel juga membantu metabolisme dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Itu dia sekian manfaat yang bisa didapat anak-anak sekaligus jadi alasan mengapa anak-anak harus mengonsumsinya lebih sering setiap hari.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Benarkah Pemanis Buatan Bisa Picu Kanker? Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
Perut Gampang Lapar, Tanda Kamu Kurang Makan Serat