Sukses

Parenting

Anak Tergigit Binatang yang Dicurigai Rabies, Apa yang Harus Dilakukan?

Fimela.com, Jakarta Anak yang sedang bermain di luar rumah tiba-tiba menangis karena digigit binatang? Wah, biasanya kita akan langsung panik. Apalagi bila binatang yang menggigit anak dicurigai menderita rabies, makin kalang kabut rasanya memberi penanganan yang tepat untuk anak.

Rabies sendiri merupakan penyakit infeksi yang menyerang susunan saraf pusat. Di masyarakat, penyakit ini dikenal sebagai penyakit anjing gila. Anjing, kucing, dan monyet adalah binatang yang paling sering menjadi sumber penularan rabies.

Sebelum membahas soal tindakan yang perlu dilakukan saat anak tergigit binatang yang diduga menderita rabies, kita perlu memahami dulu jenis dan ciri hewan yang menderita rabies. Dikutip dari buku Mengatasi Gawat Darurat pada Anak, tipe rabies terdiri dari tipe tenang dan tipe ganas. Untuk tipe tenang, binatang cenderung senang pada tempat yang suasananya gelap dan tenang serta mengeluarkan liru berlebihan karena mengalami kesulitan menelan akibat infeksi rabies yang melumpuhkan otot-oto tenggorok binatang. Untuk tipe ganas, binatang cenderung ganas dan suka menyerang jika terdapat rangsangan cahaya atau gerakan mendadak. Pada binatang herbivora seperti sapi, kambing, dan kuda yang terinfeksi rabies tipe ganas, muncul perubahan perilaku seperti suka menggigit.

Dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, M.Biomed, Sp.A(K) menyebutkan bahwa tindakan pertama yang perlu dilakukan jika anak tergigit binatang yang dicurigai menderita rabies adalah segera cuci dan bersihkan luka gigitan pada anak. Kita bisa mencucinya dengan sabun selama 10-15 menit. Kemudian, keringkan area luka dan beri alkohol 40-70% atau povidone iodine.

Setelah kita berusaha membersihkan lukanya, kita perlu segera membawa anak ke rumah sakit. Pilih rumah sakit yang mempunyai fasilitas ruang intensif supaya penanganannya maksimal. Bila gigitan itu benar berasal dari binatang yang menderita rabies, biasanya anak akan diberi serum antirabies.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading