Sukses

Parenting

Mengenal 3 Alasan Anak Suka Pilih-pilih Makanan

Fimela.com, Jakarta Orangtua mana yang tak akan gemas ketika mendapati buah hati tidak mau makan. Setelah capek-capek masak, ternyata anak tidak mau makan. Anak hanya mau makan makanan tertentu saja.

Melansir dari laman hellosehat.com, tidak sedikit anak yang begitu pilih-pilih soal makanan. Jika sudah begini, tentunya nutrisi yang masuk ke tubuh anak tidak akan maksimal. Ada banyak alasan kenapa anak suka pilih-pilih makanan. Mulai dari anak mengalami trauma terhadap makanan tertentu, anak meniru pola makan atau gaya hidup orang tua hingga anak mengalami masalah medis tertentu.

Trauma pada Makanan Hingga Meniru Orangtua

Anak Trauma Terhadap Makanan Tertentu

Alasan paling umum anak suka pilih-pilih makanan adalah anak pernah mengalami kejadian yang kurang menyenangkan dengan makanan tertentu. Kejadian ini bisa membuat anak merasa trauma dan menghindari makanan tersebut apapun yang terjadi. Nancy Zucker, selaku direktur utama di Duke Center for Eating Disorders, Amerika Serikat mengungkapkan jika trauma anak pada makanan bisa karena rasa, aroma dan tekstur makanan tertentu.

Anak Meniru Pola Makan atau Gaya Hidup Orangtua

Anak umumnya akan meniru segala hal yang ada pada orangtua. Termasuk pola makan atau gaya hidup. Jika orangtua tidak menyukai makanan tertentu, secara sadar atau tidak sadar anak akan meniru hal tersebut. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Nutrition Societ menyebutkan jika perilaku, pola makan dna gaya hidup orangtua berperan besar terhadap kepribadian anak bahkan terhadap pola makannya.

Mengalami Masalah Medis Tertentu

Mengalami Masalah Medis Tertentu

Sri Devi Mageandran, seorang terapis bicara di KK Women’s and Children’s Hospital, Singapore menyebutkan jika anak pilih-pilih makanan juga bisa disebabkan oleh kondisi medisnya. Anak yang mengalami masalah medis tertentu akan lebih selektif memilih makanannya. Kondisi medis yang besar pengaruhnya terhadap pola makan anak adalah GERD atau gastroesophageal reflux.

Itulah beberapa alasan kenapa anak suka pilih-pilih makanan. Beberapa hal di atas ternyata juga bisa berpengaruh terhadap nafsu makan anak. Agar anak makan dengan lahap dan tak terlalu pilih-pilih makanan, usahakan untuk memberikan contoh pola makan dan gaya hidup yang terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Catat, Hanya 4 Minuman Ini yang Boleh Diminum Anak Usia Balita!
Artikel Selanjutnya
Rutin Menggendong Bayi Bermanfaat Mencerdaskan Otaknya