Sukses

Parenting

Pemeriksaan USG Saat Hamil, Seberapa Penting untuk Dilakukan?

ringkasan

  • USG adalah pemeriksaan yang penting.
  • Ini dilakukan untuk mengetahui tumbuh kembang janin secara lebih detail dan jelas.

Fimela.com, Jakarta USG atau ultrasonografi merupakan salah satu proses pemeriksaan yang aman bagi ibu hamil. Pemeriksaan USG umumnya dilakukan untuk mengetahui tumbuh kembang janin juga kesehatan organ kewanitaan ibu hamil dengan lebih baik. USG sendiri bisa dilakukan melalui beberapa metode. Metode tersebut antaranya adalah metode 2D, 3D dan 4D.

Melansir dari laman liputan6.com, pemeriksaan USG dilakukan untuk membantu para dokter dan bidan mengetahui lebih jelas bagaimana kondisi janin di kandungan. Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk mengetahui jenis kelamin janin, mendeteksi kesehatan pun kelainan pada janin.

Seberapa Penting USG buat Dilakukan?

Menurut dokter Hendrivand, seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Permata Depok, pemeriksaan USG adalah pemeriksaan yang cukup penting untuk dilakukan. Alasannya adalah USG merupakan pemeriksaan untuk mengetahui tumbuh kembang janin dengan lebih cermat, jeli dan tepat.

Melalui USG, dokter atau bidan bisa mengetahui lebih jelas bagaimana kondisi janin di kandungan yang tak bisa dilihat secara kasat mata. USG juga bisa dilakukan untuk mengetahui ukuran bayi, berapa banyak jumlah denyut bayi per menitnya, mengetahui apakah fisik bayi normal atau ada masalah, hingga mengetahui apakah mom bisa melakukan persalinan secara normal atau harus menggunakan proses persalinan caesar nantinya.

Melansir dari laman babycenter.com, pemeriksaan USG umumnya dilakukan untuk mendeteksi ketidaknormalan yang ada pada bayi hingga 80 persen. Jadi, USG menjadi pemeriksaan yang penting buat dilakukan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading