Sukses

Parenting

Ini Alasan Penting Orangtua Harus Mengajarkan 'Memberi' pada Anak!

ringkasan

  • Mampu membangun kemampuan finansialnya
  • Anak mengerti bahwa ada kalanya melepaskan uang juga baik untuk dirinya sendiri
  • Anak jadi lebih paham kapan harus menyimpan dan membelanjakan uang

Fimela.com, Jakarta Anak-anak belajar apapun pertama kali dari lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga. Itulah mengapa, orangtua sebagai lingkungan tedekatnya, memegang tanggung jawab besar memberikan pengajaran terbaik sebagai bekalnya di masa depan, terutama di dalam masyarakat.

Salah satu pengajaran yang bisa diterapkan dan dibiasakan pada anak sejak dini adalah kemampuan memberi. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Arizona menemukan bahwa mengajarkan anak-anak bagaimana secara tepat memberikan uang mampu membangun kemampuan finansialnya dalam hal menyimpan dan menghasilkan uang di masa depan.

Penelitian yang diketuai Ashley LeBaron dan diterbitkan dalam Journal of Family and Economic Issues ini mengungkapkan bahwa anak-anak belajar tentang keuangan terutama dari orangtua mereka. Bagaimana mereka mengelola dan menggunakan keuangan, apakah dengan bijak atu tidak.

Alasan Orangtua Harus Mengajarkan Memberi pada Anak

Boleh dikatakan, orangtua yang mengajarkan anak bagaimana memberi juga akan membuat anak memahami bahwa meski uang dibutuhkan setiap hari, namun sebagai manusia tak boleh terikat hanya pada uang. Kikir atau pelit terhadap uang hanya akan membuatnya berambisi mencari uang dengan moral yang kurang.

Sedangkan belajar memberi terhadap sesama atau mengetahui bahwa terkadang kita juga bisa kehilangan uang untuk hal tertentu, akan membuatnya mengerti bahwa ada kalanya melepaskan uang juga baik untuk dirinya sendiri, karena menjadi lebih manusiawi.

Anak juga jadi lebih paham kapan harus menyimpan uang, membelanjakannya atau apa yang harsu dilakukan untuk bisa menghasilkan uang dengan cara yang baik, Moms. Jadi, jangan abaikan mengajarkan memberi pada anak sejak kecil ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mom, Ini Cara Mudah Meredakan Cegukan pada Bayi
Artikel Selanjutnya
Tips Membicarakan Keuangan Bersama Pasangan