Sukses

Parenting

Sekian Masalah dan Rasa Sakit Selama Hamil Ini Ternyata Normal!

ringkasan

  • Kembung dan Konstipasi
  • Nyeri tertekan atau tertusuk di bawah perut karena gerakan mendadak
  • Kontaksi yang terjadi 1-2 menit

Fimela.com, Jakarta Masa kehamilan menjadi pengalaman yang menakjubkan dan mungkin sedikit menakutkan bagi beberapa perempuan hingga terkadang beberapa masalah kesehatan selama kehamilan membuat mereka cemas. Tapi ternyata hal yang sering terjadi selama hamil dan dikira adalah "masalah" ini sebenarnya sangat normal dan tak perlu dicemaskan.

1. Kembung dan Konstipasi

Selama hamil dan perut membesar, lambung dan usus akan tertekan sebagai bentuk penyesuaian, dan mengalami kembung, sering kentut dan bahkan konstipasi sebenarnya wajar.

Seperti dikatakan ob-gyn Angela Jones, M.D., dalam SELF.com bahwa kembung dan konstipasi itu sangat umum karena hormon progesteron menyebabkan otot halus di eksofagus dan usus lebih rileks sehingga membuatmu lebih sering kembung dan kentut.

Namun penumpukan gas yang berujung pada sulitnya buang air besar menyakitkan ini sering salah dikira ibu hamil sebagai tanda kesehatan yang serius. Cara terbaik mengatasinya adalah makan sedikit demi sedikit atau mengurangi porsinya serta makan cukup serat dan air putih.

Masalah Kehamilan yang Normal

2. Nyeri tertekan atau tertusuk di bawah perut karena gerakan mendadak

Karena perut terus membesar, dua otot berupa ligamen yang menghubungkan rahim dengan dinding perut akan ditarik sangat kencang sehingga menimbulkan rasa sakit luar biasa. Umumnya rasa sakit dimulai di minggu ke 12-14 kehamilan. Shannon M. Clark, M.D,. mengatakan bahwa ini akan terasa lebih parah dengan adanya gerakan mendadak.

3. Kontaksi yang terjadi 1-2 menit

Terkadang ibu hamil merasakan kontraksi di perut dan membuat khawatir. Ternyata kontraksi sebentar ini bukan berarti akan melahirkan, namun fenomena yang sangat normal.

Ini terjadi seakan perut sedang latihan sebelum ibu hamil menghadapi persalinan sebenarnya. Kontraksi ini juga tidak menyakitkan dan hanya berlangsung sementara sehingga tak perlu khawatir.

Itu dia sekian masalah kesehtaan yang sering membuat ibu hamil khawatir dan menduga ada maslaah serius yang sedang dihadapinya. Cara terbaik mengurangi gejalanya adalah dengan olahraga ringan sperti jalan kaki, makan sehat, mandi air hangat dan cukup minum air putih.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Sering Ajak Suami ke Bidan, Beri Pengaruh Positif pada Skill Parentingnya!
Artikel Selanjutnya
Ikan Asin untuk Ibu Hamil, Perhatikan 4 Hal Penting Ini demi Kesehatan