Sukses

Parenting

Orangtua Bahagia Adalah Kunci Membesarkan Anak Bahagia

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti ingin anaknya bisa hidup bahagia. Meskipun pada perjalanan hidupnya nanti ada kesulitan, paling tidak anak mereka bisa mengatasinya dengan baik dan menemukan kebahagiaannya. Tapi bahagia itu sendiri ternyata juga perlu ditumbuhkan sejak kecil di dalam keluarga.

Pastinya, orangtua memegang peran penting dalam membesarkan anak bahagia. Kuncinya sederhana, jika ingin anak bahagia, maka jadilah orangtua yang bahagia dulu. Karena orangtua yang bahagia akan membuat anak bahagia.

Seperti dituliskan Christine Carter, Ph.D dalam bukunya Raising Happiness: 10 Simple Steps for More Joyful Kids and Happier Parents, penelitian menemukan bahwa orangtua depresi akan memberi pengaruh buruk gangguan perilaku pada anak, sehingga menyebabkan anak tak bahagia dan rentan depresi.

Cara Membesarkan Anak Bahagia

Sebaliknya, secara statistik ditemukan bahwa anak-anak bahagia ternyata berasal dari keluarga atau orangtua yang bahagia. Hal ini tidak terkait secara genetik, namun lingkungan yang baik sangat berpengaruh terhadap kebahagiaan anak itu sendiri.

Hal ini sebenarnya tak mengejutkan, Sahabat Fimela. Karena pada dasarnya, secara alami anak akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya, termasuk jika mereka bahagia. Anak belajar tertawa, bersikap dan menilai sesuatu seperti orangtuanya, dan sikap positif inilah yang paling dibutuhkan anak.

Jadi, jika ingin anak bahagia, maka jadilah orangtua yang bahagia lebih dulu, Sahabat Fimela. Semoga di Hari Anak ini setiap anak bisa hidup bahagia ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Membiarkan Bayi Menangis Sampai Tidur Itu Tidak Baik
Artikel Selanjutnya
Tantangan Mengasuh Anak yang Kerap Dialami Orangtua Masa Kini