Sukses

Parenting

Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak, Orangtua Harus Begini!

ringkasan

  • Dukung anak melakukan banyak kegiatan
  • Kenalkan anak pada banyak orang
  • Ajarkan cara menghadapi kegagalan

Fimela.com, Jakarta Orangtua pasti ingin anaknya hanya memiliki kualitas positif dalam dirinya, bukan hanya sebagai bekal di masa depan menjalani hidup tapi juga agar anak bisa menjadi pribadi yang positif untuk orang sekitarnya. Salah satu sikap yang perlu dibangun adalah rasa percaya diri.

Orangtua jelas memiliki peran penting dalam hal ini, dan kepercayaan diri bisa diajarkan sejak dini dari berbagai kegiatan sederhana di rumah. Orang mungkin tak sadar, ternyata hal-hal kecil ini mampu membangun kepercayaan diri anak.

1. Dukung anak melakukan banyak kegiatan

Sejak kecil, ajarkan anak memiliki kendali atas hidupnya, misalnya membiarkan ia memegang sendok dan makan sendiri, memilih baju dan sepatu yang ingin ia pakai dan mengajarkannya mandi serta berpakaian sendiri. Hargai pendapatnya, biarkan ia bicara. Sejak ia masuk sekolah, dukung anak melakukan banyak kegiatan. Bermain dengan teman sebaya akan memberinya kesempatan belajar hal-hal baru di sekitarnya.

Cara Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

2. Kenalkan anak pada banyak orang

Anak-anak akan merasa lebih leluasa bersikap ketika orangtua punya sikap ramah dan mengenalkan ia pada banyak orang di sekitarnya, seperti tetangga, keluarga dekat dan kerabat. Ini akan melatih caranya bersosialisasi dan mengajarkan ia untuk berani mengenal hal baru.

3. Ajarkan cara menghadapi kegagalan

Jangan sering menghentikan ia saat ingin mencoba sesuatu karena itu membuatnya takut gagal. Biarkan anak familiar dengan kegagalan dan ajarkan bagaimana ia harus menghadapi kegagalan tersebut. Misalnya memberi semangat untuk mencoba lagi, tidak mengejek kesalahannya, dan membangun motivasi anak.

Itu dia beberapa cara mengajarkan anak percaya diri. Namun yang paling penting, anak akan belajar percaya diri jika orangtuanya juga percaya diri, Moms.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Membiarkan Bayi Menangis Sampai Tidur Itu Tidak Baik
Artikel Selanjutnya
Tantangan Mengasuh Anak yang Kerap Dialami Orangtua Masa Kini