Sukses

Parenting

Membersihkan Lendir Flu Anak dengan Tisu Basah, Amankah?

ringkasan

  • Ketika anak terserang flu, tubuhnya akan mengeluarkan lendir yang serigkali mengering di area hidung
  • Penggunaan tisu basah hanya untuk mengencerkan lendir tersebut dan memberikan perasaan lega dari hidung yang tersumbat
  • Tetap mengandalkan obat flu dan pilek sebagai langkah penyembuhan

Fimela.com, Jakarta Anak-anak memiliki kondisi yang rentan terhadap serangan penyakit. Seperti flu dan pilek yang membuat anak menjadi merasa tidak nyaman dan seringkali mengeluarkan lendir.

Lendir yang keluar dari hidung anak biasanya langsung diusap dengan tisu. Namun jika terlalu sering bisa mengakibatkan iritasi karena tidak tekstur tisu lembut dan ramah untuk kulit anak.

Sebagai alternatif, digunakanlah tisu basah yang tidak menimbulkan gesekan terlalu keras pada kulit anak. Namun, apakah tisu basah untuk membersihkan lendir flu tersebut?

Momami Baby Wipes menghadirkan varian Saline Wipes yang bisa digunakan ketika kondisi anak flu dan pilek. Dengan kandungan garam (0,9 persen isotonic NaCl), tisu basah diklaim aman untuk kulit anak. Terutama ketika anak dalam kondisi sakit.

 

Digunakan seperlunya

dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAAM, MHKes, KFCCS menjelaskan bahwa kandungan NaCl biasanya digunakan untuk mengompres luka-luka yang mengeras. Biasanya dibuat dalam bentuk salep sehingga luka yang mengering bisa dijelas tanpa menyebabkan iritasi.

Sementara pada anak yang sedang flu, biasanya sisa lendir yang tidak diusap dengan baik akan meninggalkan bekas yang kemudian mengeras. Ketika menggunakan Saline Wipes, lendir yang mengeras bisa kembali cair yang mudah dibersihkan.

Selain itu, kandungan yang ada pada Saline Wipes mengurangi hidung yang tersumbat. Penggunaannya pun disarankan hanya seperlunya. Dengan tetap mengandalkan obat flu dan pilek untuk mengatasi penyakitnya.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Menggunakan Tisu Basah Sesuai Kebutuhan Anak