Sukses

Parenting

Janin dalam Posisi Sungsang, Bisakah Diperbaiki?

Fimela.com, Jakarta Ketika kehamilan sudah masuk usia sembilan bulan, normalnya posisi kepala janin sudah berada di bawah. Tapi dalam kasus tertentu ada kehamilan yang hingga sudah memasuki sembilan bulan, posisi kepala masih di atas. Kondisi tersebut disebut presentasi bokong atau yang lebih familier disebut dengan letak sungsang.

Janin dalam posisi sungsang, bisakah diperbaiki? Mengutip buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, kondisi sungsang terjadi 1 di antara 25 kehamilan. Letak sungsang juga memiliki sejumlah variasi. Ada yang letak sungsang kaki, yaitu posisi bokong dan kaki bayi ada di bawah jalan lahir. Ada juga posisi bokong murni, yaitu posisi benar-benar di bawang bokongnya dengan kaki yang menjulang ke atas. Intinya, posisi sungsang adalah posisi bokong bayi berada di jalan lahir.

Sebagian Besar Dokter Menganjurkan Persalinan secara Operasi Caesar

Risiko bersalinan jika bayi dilahirkan secara spontan cukup tinggi. Sebagian besar dokter menganjurkan persalinan secara operasi caesar bila janin dalam posisi sungsang. Pada posisi sungsang, nanti yang akan lahir terlebih dahulu adalah bokong baru kemudian tubuh bayi dan terakhir kepala bayi. Hal ini bisa sangat mengkhawatirkan sebab kepala bayi adalah bagian terbesar pada bayi. Dengan keluarnya bokong terlebih dahulu, kepala bayi belum tentu mudah untuk keluar.

Jika kepala bayi tidak bisa keluar dengan segara dari jalan lahir, ada risiko bayi akan kekurangan oksigen. Bila hal ini terjadi, jelas risikonya sangat berbahaya pada bayi. Penting sekali untuk mengontrol kehamilan secara rutin. Posisi sungsang ini sendiri biasanya mudah terdiagnosis melalui pemeriksaan USG.

 

Mengubah Posisi Sungsang dengan Knee Chest Position

Apabila posisi sungsang bisa terdeteksi lebih awal, maka kita bisa melakukan sebuah upaya untuk memperbaikinya. Jika kehamilan masih sekitar tujuh atau delapan bulan dan posisi janin adalah sungsang, maka bisa coba lakukan knee chest position.

Knee chest position merupakan usaha alami untuk mengubah posisi sungsang bayi secara alami. Bagaimana cara melakukannya? Knee chest position hampir seperti posisi sujud pada umumnya. Hanya saja posisi kedua tangan menempel pada lantai dan pipi kiri (atau pipi kanan) ditempelkan di lantai atau matras. Bisa dibilang posisi ini mirip seperti posisi nunggung. Dapat dilakukan empat atau lima kali sehari sebagai upaya memperbaiki posisi sungsang janin.

Selalu konsultasikan diri ke dokter untuk mendapat arahan yang tepat dalam memperbaiki posisi sungsang ini. Pemeriksaan kehamilan secara rutin perlu dilakukan, salah satu manfaatnya adalah agar posisi sungsang bisa didiagnosis lebih awal.

#GrowFearless with FIMELA

Loading