Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Mengambil Peran dalam Mindful Parenting dengan Menumbuhkan Empati Pada Anak

Fimela.com, Jakarta Mindful parenting bukan hanya tentang kamu sebagai sosok orangtua yang baik, namun juga bagaimana kamu sebagai orangtua membesarkan anak dengan baik. Tentu semua orangtua ingin anak mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik dan penuh kasih sayang untuk bisa peduli dan memiliki empati pada orang lain di sekitarnya.

Mulailah praktik mindful parenting ini dengan membicarakan perasaan, biasakan dengan berkomunikasi tatap muka di era ponsel dan SMS saat ini. Buatlah peraturan di rumah untuk selalu meluangkan waktu saling bicara dan mendengarkan.

Cara mindful parenting ini juga mengajarkan anak untuk mengidentifikasikan emosi mereka sejak dini. Ketika anak telah dilatih memahami emosi mereka sendiri, mereka juga akan berlatih memahami emosi orang lain, seperti dilansir dari huffpost.com, Kamis (19/9/2019).

 

Tips menumbuhkan empati pada anak

Kamu juga bisa menggunakan media untuk menumbuhkan empati anak. Diskusikan tentang karakter yang baik dan jahat dalam sebuah cerita film atau literasi.

Sebagai orangtua, kamu juga harus memberi contoh yang bisa dicontoh anak untuk menumbuhkan empati mereka. Anak akan lebih mudah menunjukkan empati pada orang-orang yang juga berempati pada mereka.

Ketika anak berbuat baik, penting untuk memberi mereka pujian atau pengakuan. Terakhir adalah memperhatikan sekelilingnya, di tengah-tengah budaya kekerasan, amarah, dan perilaku abrasif di mana-mana, anak harus mampu menunjukkan sikap empati pada semua orang di dekatnya.

***

Ingin tahu lebih banyak tentang mindful parenting dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjadi sosok orangtua yang baik? Segera daftarkan dirimu di sini dan dapatkan kesempatan untuk hadir di Fimela Fest 2019!

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: 3 Kunci Sukses Pola Asuh Penuh Perhatian
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Bukti Self-Love, Ini Pentingnya Ambil Cuti Sehari Setiap Bulan