Sukses

Parenting

Berdiri Terlalu Lama Selama Kehamilan Berbahaya Buat Mom dan Janin

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Momen kehamilan juga menjadi momen yang menuntut seorang perempuan untuk ekstra hati-hati saat menjaga kesehatannya maupun kesehatan janin di kandungannya.

Ada banyak hal yang harus dihindari ibu hamil agar kehamilannya berjalan lancar sampai persalinan. Ibu hamil juga harus menghindari beberapa kebiasaan yang mungkin sering dianggap sepele tapi ternyata bahayanya sangat mengerikan.

Melansir dari laman WebMD.com, salah satu kebiasaan yang harus dihindari ibu hamil adalah berdiri terlalu lama. Kebiasaan suka berdiri dalam waktu lama dipercaya bisa bebahaya buat kesehatan ibu pun janin di kandungan.

Alasan Berdiri Terlalu Lama Berbahaya Buat Kehamilan

Jilda Hutcherson, MD, seorang ginekolog di Columbia University Medical Center mengungkapkan jika berdiri terlalu lama selama kehamilan bisa meningkatkan risiko kaki bengkak. Berdiri terlalu lama di trimester terakhir kehamilan juga berisiko meningkatkan masalah pada punggung dan pinggang. Ini juga memungkinkan janin di kandungan menegang.

 

Jilda mengatakan, "Ibu hamil yang punya kebiasaan suka berdiri untuk waktu lama selama kehamilan bisa mengalami sakit punggung, sakit pinggang juga pembengkakan kaki. Sebenarnya berdiri saat hamil tidak masalah selama itu dilakukan dalam waktu yang tidak lama atau tidak berlebihan."

Selain kebiasaan berdiri terlalu lama, ibu hamil juga perlu menghindari beberapa kebiasaan lain yang berisiko buat kehamilan. Kebiasaan itu antaranya duduk terlalu lama, tidur terlalu lama, berada di sekeliling perokok konvensional ataupun elektrik, konsumsi obat penambah darah tanpa resep dari dokter, memiliki pola hidup tak sehat dan jarang olaharaga.

Agar ibu hamil senantiasa sehat dan terjaga, para ahli menyarankan agar ibu hamil memeriksakan kondisi kesehatannya secara teratur selama kehamilan di dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Stres saat Hamil Beri Pengaruh Buruk pada Perkembangan Otak Bayi
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Kehamilan yang Dapat Terasa sebelum Telat Haid