Sukses

Parenting

5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

ringkasan

  • Libatkan Anak dalam Aktivitas Berkemas
  • Buat Resep Baru
  • Libatkan Anak dalam Aktivitas Bersih-Bersih Rumah

Fimela.com, Jakarta Untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri anak, kita bisa mengajaknya melakukan sejumlah aktivitas seru dan menyenangkan. Sebagai orangtua, kita pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Mendukung tumbuh kembangnya dengan lebih optimal serta membantunya tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan berkarakter positif.

Ada sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri anak. Dengan menyalurkan waktu dan energi anak pada kegiatan yang positif, rasa percaya diri mereka bisa meningkat dengan sendirinya. Dilansir dari momscove.com, anak-anak pada dasarnya menyukai permainan kreatif, bersenang-senang dengan kawan-kawannya, dan berbicara terbuka tetnang perasaannya. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk membantu anak lebih percaya diri.

1. Libatkan Anak dalam Aktivitas Berkemas

Saat akan berlibur misalnya, libatkan anak dalam aktivitas berkemas. Kemas barang-barang yang dibutuhkan. Aktivitas ini mungkin sederhana tapi bisa bantu mendorong anak untuk lebih mandiri. Bantu anak untuk memastikan semua barang yang dibutuhkan sudah dikemas dengan baik. Sehingga saat berlibur bisa merasa lebih nyaman serta percaya diri.

2. Buat Resep Baru

Aktivitas memasak bisa jadi media untuk meningkatkan kepercayaan diri. Bereksperimen dan membuat resep baru dapat jadi cara untuk membuat anak lebih percaya diri. Menambah bahan-bahan baru dan membuat takaran yang pas untuk hidangan yang diinginkan menjadi kegiatan yang bantu meningkatkan rasa percaya diri anak. Mengizinkan anak untuk bereksperimen seperti ini bisa membuatnya lebih percaya diri.

 

 

3. Libatkan Anak dalam Aktivitas Bersih-Bersih Rumah

Menyapu, mengepel, atau sekadar merapikan barang-barang di rumah bisa jadi kegiatan yang membuat anak lebih percaya diri. Saat anak diberi sebuah tanggung jawab dan dia berhasil melakukannya dengan baik, maka rasa percaya dirinya akan meningkat dengan sendirinya. Apalagi bila ia bisa melihat langsung efek positif dari hasil kerjanya, maka dia bisa makin bangga pada dirinya.

4. Membuat Kartu untuk Diri Sendiri

Kita bisa membuat aktivitas ini seru dengan memaksimalkan penggunaan kertas dan aneka spidol atau krayon warna-warni. Buat kartu untuk diri sendiri. Kita bisa menuliskan kalimat, "Aku menyukai diriku karena bisa...". Lalu, minta anak untuk melengkapi kalima tersebut. Cara ini dapat membantu anak lebih mengenal diri mereka dan percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

5. Menyemangati Anak untuk Mengikuti Kompetisi Baru

Tak harus menuntut anak untuk selalu menang dalam setiap kompetisi yang diikuti. Semangati anak untuk mencoba hal baru. Kalau pun gagal, bantu anak untuk mengambil hikmah dan pelajaran yang ada. Belajar dari kegagalan bisa bantu meningkatkan kepercayaan diri anak jadi lebih baik lagi.

Ada banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan untuk membuat anak lebih percaya diri. Membangun kepercayaan diri anak merupakan sebuah proses tersendiri. Kita hanya perlu berusaha semaksimal mungkin tanpa membuat anak merasa makin stres atau tertekan.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Orangtua Tak Boleh Bohong pada Anak, Berapa Pun Usianya
Artikel Selanjutnya
Membatasi Waktu Bermain Gadget Ternyata Bisa Buat Anak Lebih Kreatif