Sukses

Parenting

Kelelahan Bisa Menyebabkan Risiko Baby Blues Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Istilah baby blues sering disamakan dengan keadaan Mom yang stres berat atau depresi pasca melahirkan. Di era yang serba modern seperti sekarang ini, risiko baby blues ternyata tidak hanya dialami ibu muda yang baru punya anak satu tetapi juga dialami ibu-ibu dengan dua bahkan tiga anak lebih di hidupnya.

Melansir dari laman americanpregnancy.org, baby blues merupakan kondisi di mana ibu mengalami perubahan psikologis setelah melahirkan. Besar kemungkinan ibu mengalami perubahan suasana hati mendadak, merasa sangat tidak bahagia, merasa apa yang ia lakukan selalu salah, sangat sedih, cemas, pikirannya tidak jelas, merasa tidak sabar, mudah tersinggung, panik hingga kesepian.

Mengenai risiko baby blues, para ahli mengungkapkan jika ada banyak hal menjadi penyebab baby blues. Salah satu penyebabnya adalah ibu kelelahan saat mengasuh bayi baru lahir apalagi untuk pertama kalinya.

Kelelahan Menyebabkan Baby Blues

Kehamilan selama sembilan bulan di tambah proses persalinan yang tidak mudah seringkali membuat perempuan merasa sangat lelah. Ketika hal ini ditambah aktivitas di mana ia harus mengasuh bayinya yang baru lahir seorang diri, tentunya ini akan menambah rasa kelelahan yang ada.

Kelelahan yang dialami perempuan akan berkali-kali lipat rasanya jika bayi tidak bisa minum ASI dengan baik, bayi rentan rewel di malam hari dan masih banyak lainnya. Tak adanya dukungan dari suami, orangtua juga mertua serta keluarga besar akan meningkatkan risiko baby blues menyerang ibu yang baru melahirkan.

Adanya perubahan hormon dalam tubuh dan perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan juga menjadi penyebab paling sering dari risiko baby blues. Perempuan yang rentan berpikir dan cemas akan segala sesuatu dipercaya sangat mungkin mengalami baby blues setelah ia melahirkan. Agar risiko ini tak menyerang, perlu pendampingan dari suami, keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Penting bagi setiap perempuan untuk lebih tenang dan sabar apapun yang terjadi setelah melahirkan.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Penyebab Baby Blues pada Ibu Baru Melahirkan
Artikel Selanjutnya
8 Tanda Ibu Baru Melahirkan Mengalami Baby Blues