Sukses

Parenting

Mulai Usia Berapa Bayi Diperbolehkan Mandi dengan Air Dingin?

Fimela.com, Jakarta Saat bayi baru lahir, sangat disarankan agar setiap orangtua memandikan bayi tersebut dengan air hangat. Sepanas apapun cuacanya, penting bagi orangtua untuk memandikan buah hati dengan air hangat yang suam-suam kuku.

Meski setiap orangtua telah diperingatkan untuk memandikan bayinya dengan air hangat, tidak sedikit orangtua yang mencoba memandikan bayinya dengan air dingin dengan tujuan agar bayi lebih sehat, lebih kuat dan daya tahan tubuhmu mengesankan. Namun Sahabat Fimela, kira-kira kapan bayi bisa mulai dimandikan dengan air dingin? Apakah saat ia mencapai usia 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau bahkan satu tahun?

Kapan Bayi Bisa Dimandikan dengan Air Dingin?

Melansir dari laman alodokter.com, bayi sebaiknya mulai dimandikan dengan air dingin saat usianya di atas 6 bulan. Pada dasarnya kulit bayi masih sangat sensitif termasuk untuk bersentuhan langsung dengan air dingin.

Sangat tidak disarankan orangtua memandikan bayi yang berusia di bawah 6 bulan dengan air dingin. Memandikan bayi di bawah usia 6 bulan dengan air dingin dikhawatirkan bisa membuat bayi tidak nyaman dan terjadi masalah serius pada kulitnya yang sensitif.

Untuk memulai memandikan bayi dengan air dingin, sebaiknya orangtua juga tidak langsung menyiram atau memasukkan tubuh bayi ke dalam bak berisi air dingin. Langkah pertama mengenalkan air dingin ke bayi adalah dengan membasuh tubuh bayi secara pelan-pelan dan hati-hati dengan air dingin. Mom juga bisa mengelap tubuh bayi dengan handuk yang telah dibasahi dengan air dingin. Cara ini bisa melatih bayi mengenal air dingin dengan lebih baik ke depannya.

Jika cuaca sedang dingin atau hujan, meski bayi telah berusia lebih dari 6 bulan, sebaiknya Mom tetap memandikannya dengan air hangat. Memandikan bayi dengan air hangat bisa membuat tubuhnya lebih rileks. Jika tubuh bayi rileks, ini akan membantunya tidur lebih nyenyak dan nyaman di malam hari.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading