Sukses

Parenting

Tanda Autisme pada Anak Usia di Bawah 12 Bulan

Fimela.com, Jakarta Austisme merupakan kelainan perkembangan saraf pada seseorang yang ditandai dengan gangguan interaksi sosial, gangguan komunikasi dan gangguan perkembangan bahasa. Risiko autisme bisa dilihat pada diri seseorang atau pada anak sejak usianya di bawah 12 bulan.

Ada banyak tanda yang bisa dilihat pada diri anak ketika ia berisiko autisme atau masalah perkembangan lainnya. Tanda paling umum ketika anak mengalami autisme adalah anak tidak mau merespon ketika namanya dipanggil, anak seperti memiliki dunianya sendiri dan anak memiliki sikap yang tidak sama dengan anak-anak seusianya.

Melansir dari laman parents.com, secara umum tanda autisme pada anak bisa dilihat saat anak berusia 3 tahun. Namun, tidak sedikit anak penderita austisme bisa menunjukkan tanda sejak usianya di bawah 12 bulan.

Tanda Austisme Pada Anak Usia di Bawah 12 Bulan

Untuk mendeteksi atau mengetahui autisme pada anak sejak usianya sedini mungkin, sangat diperlukan pengetahuan mengenai perkembangan dan pertumbuhan anak normal secara baik. Orangtua perlu mengetahui bagaimana anak yang tumbuh dan berkembang normal serta anak yang mengalami sedikit masalah pada tumbuh kembangnya.

Ada beberapa tanda umum yang bisa dilihat dari anak usia 12 bulan ketika ia berisiko mengalami autisme atau gangguan perkembangan. Berikut tandanya.

  1. Anak tidak mau kontak mata ketika ia diajak bicara atau dipanggil namanya.
  2. Anak tidak tersenyum kembali ketika orangtua atau orang di sekitarnya mengajaknya bicara dan memintanya tersenyum.
  3. Anak tidak merespon suara yang ada di sekitarnya.
  4. Anak tidak memiliki ketertarikan saat diajak bermain bersama. Anak ini lebih suka bermain sendiri atau memilih menghabiskan waktunya untuk tidur.
  5. Emosi anak menggebu-gebu. Anak tidak bisa mengontrol emosi dan amarahnya dengan baik.

Itulah beberapa tanda autisme yang bisa dilihat dari anak usia bawah 12 bulan. Jika mendapati sesuatu yang kurang beres dengan tumbuh kembang anak, jangan segan untuk segera membawa anak ke ahlinya. Periksakan kondisi kesehatan fisik pun psikis anak sedini mungkin agar bisa dicari solusi terbaiknya sedini mungkin pula. Semoga informasi ini bermanfaat.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading