Sukses

Parenting

Cara Mengobati Sakit Mata Merah pada Anak dengan Cepat secara Alami

Fimela.com, Jakarta Sakit mata biasanya disebabkan oleh alergi, infeksi, atau kurangnya cairan pada mata yang mengakibatkan mata menjadi kering dan terasa perih. Terlalu lama menatap beda eletronik pun bisa menyebabkan sakit mata.

Sakit mata seringkali ditandai dengan rasa gatal atau perih yang timbul pada mata, disertai dengan warna kemerahan pada sisi dalam kelopak mata. Berikut kami rekomendasikan cara mengobati sakit mata merah pada anak dengan cepat secara alami.

Cara Mengobati Sakit Mata dengan Cepat

Sakit mata memang tidak tergolong penyakit serius, namun tentu saja membuatmu tidak nyaman bahkan bisa mengganggu aktivitas. Berikut kami bagikan tips cara mengobati sakit mata dengan cepat, agar tidak segera menular.

Mentimun

Mentimun bisa kamu jadikan cara mengobati sakit mata dengan cepat. Mentimun bersifat anti iritasi yang dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak pada area mata. Kamu hanya perlu mengiris mentimun dan meletakkannya pada mata.

Susu Murni

Manfaat susu murni begitu banyak, bisa juga kamu jadikan sebagai cara mengobati sakit mata dengan cepat. Susu murni bisa mengobati sakit mata akibat alergi atau iritasi debu.

Caranya yakni teteskan susu murni pada sebuah kapas, lalu gunakan kapas tersebut untuk mengompres mata yang sakit dan diamkan beberapa saat. Kamu bisa melakukan cara ini dengan rutin.

Daun sirih

Cara mengobati sakit mata dengan cepat bisa juga menggunakan daun sirih. Siapkan beberapa lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, lalu rebus dengan menambahkan sedikit garam sampai mendidih.

Diamkan sampai rebusan menjadi dingin, lalu saring sampai menyisakan airnya. Gunakan air sisa rebusan untuk mencuci mata tiga kali sehari.

 

Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak

Sakit mata yang dialami anak, biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Selain infeksi, sakit mata bisa juga disebabkan oleh alergi, serta iritasi akibat polusi udara. Yuk, simak cara mengobati sakit mata pada anak.

Tetes mata

Tetes mata bisa juga diberikan sebagai cara mengobati sakit mata pada anak. Pertama, mintalah anak untuk berbaring atau mendongakkan kepala. Minta anak menutup matanya, kemudian teteskan ke sudut mata bagian dalam. Ketika anak membuka mata dan berkedip, maka obat yang diteteskan akan masuk ke dalam mata.

Salep

Cara mengobati sakit mata pada anak biasanya dengan memberikan salep. Kamu perlau menarik ke bawah kelopak mata anak, kemudian oleskan salep di bagian tersebut. Ketika mata anak berkedip, salep akan masuk ke dalam mata.

Kedua cara ini sebaiknya dilakukan sesuai dengan instruksi dan dosis yang diberikan dokter. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah memberikan obat sakit mata pada anak. Gunakan air hangat untuk membersihkan mata anak dari kotoran, sebelum memberikan obat sakit mata agar obat dapat bekerja dengan efektif.

Cara Mengobati Sakit Mata secara Alami

Sakit mata tidak boleh dibiarkan terus menerus, perlu penanganan agar sakit mata yang kamu alami segera sembuh. Namun, jangan terburu-buru menggunakan obat tetes mata untuk menyembuhkannya. Ada cara mengobati sakit mata secara alami yang bisa kamu coba.

Air mawar

Salah satu cara mengobati sakit mata secara alami yakni dengan menggunakan air mawar. Caranya yakni masukkan bunga mawar ke dalam air dan bersihkan mata dengan air mawar tersebut. Kamu bisa mengaplikasikan cara ini tiga kali sehari.

Kompres mata dengan air hangat

Kompres mata dengan air hangat menjadi salah satu cara mengobati sakit mata secara alami. Mengompres mata dengan air hangat berfungsi utnuk menenangkan dan mengurangi peradangan, sehingga akan mengurangi rasa sakitnya.

Kurangi penggunaan tetes mata

Mengurangi penggunaan obat tetes mata bisa menjadi cara mengobati sakit mata secara alami. Kamu hanya boleh menggunakan obat tetes mata saat mata mengalami kemerahan. Jika penggunaannya berlebihan, justru akan mengakibatkan kerusakan pada mata.

Cara Mengobati Sakit Mata Merah

Sakit mata merah disebabkan oleh beberapa faktor seperti iritasi, infeksi, debu, bahkan luka. Saat mata memerah, jangan menguceknya. Untuk itu, kami akan berikan tips cara mengobati sakit mata merah.

Jus kentang

Jus kentang bisa menjadi salah satu cara mengobati sakit mata merah. Berikut adalah tahapannya.

  1. Cuci bersih kentang, lalu kupas dan haluskan dengan blender
  2. Bungkus kentang dalam kain halus, lalu gunakan sebagai kompresan pada mata sekitar 15 menit
  3. Bersihkan area mata dengan air bersih.

Bawang putih

Cara mengobati sakit mata merah menggunakan bawang putih bisa kamu lakukan, namun harus dengan hati-hati. Caranya adalah seperti berikut.

  1. Cuci bersih bawang putih dan keringkan
  2. Potong ujung bawang putih dan oleskan pada kelopak mata bagian bawah
  3. Diamkan sampai air mata keluar, lalu ulangi kembali.
  4. Kamu hanya boleh mengoleskan dua kali, dan alangkah baiknya jika cara ini dilakukan sebelum tidur agar tidak mengganggu aktivitas.

Madu

Madu dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya sebagai cara mengobati sakit mata merah. Cara yang perlu kamu lakukan cukup mudah.

Bersihkan area mata yang akan diobati menggunakan kapas yang dicelupkan pada air hangat. Lalu aplikasikan madu pada area tersebut tiga kali sehari.

 

Saat mengalami sakit mata, jangan mengucek mata karena justru memperburuk kondisi mata. Alangkah baiknya kedipkan mata beberapa kali untuk melumasi bagian mata. Jangan lupa juga mencoba berbagai cara tersebut, untuk mengobati sakit mata.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading