Sukses

Parenting

Moms Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Melakukan Sirkumsisi pada Si Kecil

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya karena alasan agama, tindakan sirkumsisi atau sunat juga dilakukan karena alasan kesehatan. Manfaat bagi kesehatan diantaranya mengurangi infeksi saluran kemih, mengurangi risiko kanker, dan masih banyak lagi.

Namun, jika tindakan sunat tidak dilakukan dengan benar justru akan menimbulkan efek jangka panjang seperti kerusakan jaringan. Apalagi di daerah-daerah masih banyak tindakan sunat dilakukan oleh mantri sunat. Menurut dr. Encep Wahyudan, hal ini tidak dianjurkan karena bukan hanya saat melakukan sunat, namun pasca sunat pun penting diperhatikan agar cepat pulih.

“Sunat tidak hanya tentang memotong kulit penis tetapi memerhatikan aspek penyembuhannya, pemeliharaan luka, dan memerhatikan fungsi dan estetika penis,” paparnya dalam siaran pers. 

Untuk itu, demi keamanan dan kenyaman pasien, anak dan dewasa sebaiknya memilih sunat di klinik misalnya jaringan Rumah Sunat dr Mahdian, yang didirikan oleh dr. Mahdian Nur Nasution seorang spesialis bedah saraf, metode sunat konvensional dengan menggunakan pisau dan jahitan sudah ditinggalkan. 

Metode klem

Di klinik, pasien menggunakan metode klem yang lebih nyaman dan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan metode sunat konvensional. dr. Encep mengatakan sunat modern dengan klem lebih praktis, karena proses sunat yang lebih mudah dan cepat.

Selain itu perdarahan minimal, tanpa jahitan, proses penyembuhan luka lebih cepat, serta lebih higienis dan aman. Sedangkan, sunat konvensional memerlukan persiapan peralatan maupun tenaga medis Iebih banyak.

Selain waktu pengerjaan lama, ada risiko infeksi dan komplikasi lebih besar dan waktu penyembuhan Iuka juga relatif lebih lama. Mengingat kelebihan sunat dengan metode klem, maka Rumah Sunat Dr. Mahdian kemudian mengembangkan klem hasil inovasi anak negeri, disebut Mahdian klem.

Mahdian klem diluncurkan sejak 2015. “Sunat modern itu sekarang banyak metodenya salah satunya dengan klem. Tetapi ini tidak menjamin keberhasilan tergantung operator.  Maka klem mahdian klem yg sudah punya surat ijin edar dari kemenkes. Hanya satu-satunya di Indonesia,” paparnya. 

Mahdian klem sudah disesuaikan dengan anatomis anak Indonesia pada umumnya, desain yang lebih memperhatikan kemudahan aplikasi, keamanan dan kenyamanan anak. Mahdian klem memiliki keunggulan dari sisi tabung, maupun penguci yang berupa sekrup. Penjepit Klem terbuat dari bahan Polycarbonate (PC) khusus yang lebih kuat namun ringan, dengan pori-pori lebih kecil. 

 

#Growfearless with Fimela

Loading