Sukses

Parenting

Bawang Merah Bermanfaat Menurunkan Panas Demam Anak

Fimela.com, Jakarta Orangtua mana yang tak panik dan khawatir ketika mendapati buah hati tercinta badannya panas demam. Hampir semua orangtua akan merasa khawatir ketika mendapati buah hatinya sakit demam. Ketika anak demam, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan panas demam anak.

Sebelum memberikan obat ke anak, orangtua jaman dulu mengajarkan agar kita mengompres anak saat anak demam. Mengompres bisa mengurangi panas demam anak. Selain mengompres, mengusapkan bawang merah ke tubuh anak juga dipercaya bisa menurunkan panas demam anak.

Menurunkan Panas Anak dengan Bawang Merah

Demam merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi pada anak. Melansir dari laman Liputan6.com, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sekitar 30 persen kunjungan ke dokter anak karena anak menderita demam. Demam pada anak sebenarnya merupakan reaksi normal untuk melawan kuman serta bakteri.

Untuk mengatasi demam ini, cara paling mudah yang bisa dilakukan orangtua ke anak adalah dengan mengoleskan bawang merah ke tubuh anak. Meta Hanindita, seorang dokter spesialis anak melalui Liputan6.com menjelaskan jika bawang putih mengandung senyawa yang bisa melebarkan pembuluh darah atau vasoliditasi dan ini bisa menurunkan suhu tubuh.

Bawang merah juga mengandung senyawa yang bisa membunuh kuman atau bakteri penyebab demam anak. Aroma bawang merah yang khas juga bisa bermanfaat menurunkan risiko flu, batuk dan pilek.

Namun ada satu hal yang perlu diingat jika ingin mengoleskan bawang merah ke tubuh anak saat demam. Saat mengoleskan bawang merah ke tubuh anak, orangtua harus lebih hati-hati karena sifat bawang yang bisa menyebabkan kulit anak mengalami iritasi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading