Sukses

Parenting

Hari Anak Sedunia, Rayakan dengan Membangun Hubungan Kuat dalam Keluarga

Fimela.com, Jakarta Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November setiap tahunnya. Pada hari ini menjadi momen bagi anak-anak untuk mendapatkan hak yang sama dengan orang dewasa lainnya di dalam lingkungan keluarga dan sosial. Untuk itu dibutuhkan kedekatan hubungan dengan anak, khususnya bagi orangtua.

Kedekatan hubungan antara anggota keluarga merupakan pondasi utama dalam membangun keluarga yang bahagia dan kuat untuk menghadapi tantangan kehidupan secara bersama. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama dengan anak adalah mengajaknya menonton film.

Apa saja upaya mudah yang dapat dilakukan untuk membangun kekuatan dalam keluarga kita khususnya melalui jalinan hubungan antar keluarga? Yuk kita simak 4 cara ini untuk membangun kedekatan dengan anak dalam keluarga seperti yang diungkapkan psikolog Saskhya Aulia Prima, M.Psi pada acara bincang Shopee pekan lalu.

1. Komunikasi

Menyatukan perbedaan pemikiran antar anggota keluarga sering menjadi tantangan utama dalam proses membangun kekuatan. Sehingga yang harus dilakukan adalah terbiasa untuk berkomunikasi dengan cara yang baik. Biasakan untuk terbuka, bercerita, berani menyampaikan pendapat terhadap sesama anggota keluarga dan mendengarkan. Hal tersebut dapat mengembangkan rasa nyaman dan menjalin kedekatan antar individu.

2. Investasi Waktu

Komunikasi yang baik bukan hanya diperoleh diskusi, tetapi juga dapat didukung dengan aktivitas lain yang dilakukan bersama. Menghabiskan waktu bersama keluarga merupakan hal yang sangat mudah dilakukan, tetapi seringkali terlupakan. Pentingnya menghabiskan waktu bersama seperti makan dengan keluarga, berbelanja, berlibur ataupun aktivitas seperti olahraga hingga mewarnai atau art activities dapat membangun kebersamaan yang meningkatkan kekuatan pada hubungan sebuah keluarga. Selain itu, membiasakan melakukan aktivitas bersama dapat membantu anak dalam menggali potensi dalam diri.

 

3. Kenali Pribadi

Mengenali pribadi merupakan hal yang harus dilakukan. Setelah berkomunikasi dan meluangkan waktu bersama, ketahui lah pribadi antara anggota keluarga khususnya anak. Hal tersebut selain dapat mengetahui tindakan yang tepat tetapi juga dapat menggali apa yang disukai dan mendukung potensi yang dimiliki. Selain itu yang perlu diingat bahwa kita pun harus memahami kebutuhan diri sendiri

 

4. Menjadi Panutan

Pengembangan edukasi dan emosi setiap anak biasanya terbentuk sejak kecil. Dalam keluarga, orang tua harus memberikan panutan yang baik dan menerapkan budaya yang tepat agar terbangunnya kekuatan dalam keluarga sejak awal. Mulai dari keterbukaan yang dibiasakan sejak kecil dan hubungan kasih sayang yang selalu dijaga dalam keluarga.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Membiasakan Anak Salat Jadi Lebih Menyenangkan dengan Sajadah Pintar
Artikel Selanjutnya
7 Tips Puasa untuk Anak, Bantu Mereka Membiasakan Diri