Sukses

Parenting

Kapan Boleh Hamil Lagi setelah Keguguran?

Fimela.com, Jakarta Setelah mengalami keguguran, biasanya kita akan dihantui berbagai macam rasa cemas. Salah satu hal yang paling banyak dicemaskan adalah soal kapan bisa hamil lagi? Apakah masih ada peluang untuk bisa hamil lagi?

Belum ada dasar ilmiah yang pasti mengenai batasan waktu tentang kapan boleh hamil lagi setelah keguguran. Dikutip dari buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, penting untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter. Beberapa dokter menyarankan menunggu paling tidak tiga bulan ke depan. Tunggu sampai siklus haid kembali normal terlebih dahulu. Saat siklus haid sudah kembali normal, maka bisa berusaha untuk kembali hamil. Penting pula untuk selalu memberi waktu untuk kesembuhan fisik dan emosi.

 

Masih Ada Kesempatan Hamil Kembali

Perempuan yang mengalami keguguran masih punya kesempatan untuk bisa hamil kembali. Setidaknya 85% perempuan yang pernah mengalami keguguran dapat hamil kembali dan melahirkan normal. Perlu diketahui pula bahwa mengalami keguguran bukan berarti mempunyai masalah dengan kesuburan.

Keguguran bisa terjadi berulang, sekitar 1-2% dari total kasus keguguran. Kondisi itu biasanya disebabkan oleh faktor kekebalan tubuh. Keguguran bisa diklasifikasikan dalam keguguran yang masih bisa dipertahankan dan keguguran yang sudah tidak bisa dipertahankan. Yang terpenting adalah kita perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami perdarahan vagina di trimester pertama.

Semoga info bisa menjadi referensi yang bermanfaat, ya. Selalu diskusikan dan konsultasikan masalah ini dengan dokter untuk mendapat penanganan dan jalan keluar yang terbaik.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Masalah Kulit Paling Umum yang Dialami Perempuan selama Masa Kehamilan
Artikel Selanjutnya
Mengatasi Lapar Berlebihan saat Hamil, Simak 4 Tipsnya Ini