Sukses

Parenting

4 Tips Mencegah Puting Lecet selama Masa Menyusui

Fimela.com, Jakarta Masa menyusui adalah salah satu masa yang paling indah. Ada ikatan istimewa dengan si kecil yang akan terjalin selama masa pemberian ASI. Memberikan yang terbaik untuk buah hati menjadi kebahagiaan tersendiri.

Selain itu, tak bisa dipungkiri bahwa selama masa menyusui, ibu akan dihadapkan pada berbagai masalah. Salah satunya adalah upaya menjaga kondisi puting. Puting sangat rentan mengalami lecet selama masa pemberian ASI. Untuk mencegah puting lecet, ada sejumlah hal sederhana yang bisa dicoba seperti yang dilansir dari whattoexpect.com.

1. Puting Cukup Dibasuh dengan Air

Tak perlu menggunakan sabun pembersih untuk membasuh puting. Air biasa sudah cukup membantu untuk menjaga kondisi puting. Sebab bila kita menggunakan sabun atau pembersih, dikhawatirkan malah akan membuat puting iritasi.

2. Pastikan Puting dalam Keadaan Kering setelah Selesai Menyusui

Setelah selesai menyusui si kecil, sebaiknya payudara tak langsung ditutup. Kita bisa membiarkan kondisi payudara terbuka dulu selama beberapa saat. Setelah puting sudah dalam keadaan benar-benar kering, baru kita bisa mengenakan bra kembali.

 

3. Kenakan Bra yang Nyaman

Bra yang terlalu sempit atau tidak nyaman hanya akan membuat puting tertekan. Sehingga bisa menyebabkan puting makin nyeri dan sakit. Kenakan bra yang bisa menopang payudara dengan baik sekaligus memberi sirkulasi udara yang cukup untuk membuat kita merasa nyaman.

4. Nursing Pad Perlu Diganti secara Rutin

Bila menggunakan nursing pad, pastikan selalu menggantinya secara rutin. Selain untuk menjaga puting tetap kering, penting juga untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Semoga tips-tips di atas bisa membuat kita lebih menikmati masa menyusui, ya. Memberikan yang terbaik untuk si kecil, kita tetap perlu menjaga diri kita dengan baik pula.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Ketentuan Mengonsumsi Kafein Selama Menyusui
Artikel Selanjutnya
Ibu Menyusui tak Boleh Minum Kopi, Benarkah?