Sukses

Parenting

5 Penyebab ASI Tidak Lancar Saat Menyusui

Fimela.com, Jakarta Momen menyusui menjadi momen yang tak kalah mengesankan dari momen kehamilan. Mom perlu melakukan perjuangan yang tak mudah agar ASI yang keluar lancar dan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bayi secara ekslusif hingga usianya mencapai enam bulan.

Ketika menyusui, tidak semua Mom bisa menyusui dengan mudah. Ada beberapa Mom yang harus bersabar dan banyak-banyak berjuang demi mendapatkan produksi ASI yang lancar. Produksi ASI yang kurang lancar kerap membuat Mom merasa cemas, khawatir bahkan depresi. Apalagi jika orang-orang di sekitar tak lantas memberikan bantuannya untuk kelancaran tersebut melainkan justru menyalahkan Mom kenapa ASI tidak lancar.

Melansir dari laman parents.com, ada beberapa faktor yang menyebabkan produksi ASI tidak lancar. Apa saja faktor penyebab tersebut?

Penyebab ASI Tidak Lancar

Diet Ketat

Momen kehamilan dan menyusui kerap membuat Mom memiliki berat badan berlebih. Untuk menurunkan berat badan dan membuatnya berada di ukuran ideal, tidak sedikit Mom yang masih harus menyusui nekat melakukan diet ketat. Padahal nih Sahabat Fimela, diet ketat bisa berpengaruh pada produksi ASI.

Asupan Air Putih Kurang

Penyebab selanjutnya adalah asupan air putih kurang. Mom yang kurang minum akan mendapati produksi ASI menurun. Jadi penting bagi setiap ibu hamil dan menyusui memiliki asupan air putih atau cairan tubuh yang cukup setiap harinya.

Teknik Menyusui yang Salah

Penyebab selanjutnya adalah teknik menyusui yang salah. Ketika bayi tidak bisa menyedot ASI dengan baik, ini akan menghambat keluarnya ASI dari puting payudara. Mom perlu menyusui dengan teknik yang benar-benar tepat agar produksi ASI stabil.

Penggunaan Pil atau Suntik KB

Konsumil pil atau melakukan suntik KB memang penting demi mencegah terjadinya kehamilan setelah melahirkan. Namun, konsumsi pil atau melakukan suntik KB ini bisa menurunkan produksi ASI. Konsultasikan program kontrasepsi apa yang baiknya Mom lakukan selama menyusui demi menghindari produksi ASI yang menurun atau tidak lancar.

Frekuensi Menyusui yang Kurang

Selain teknik menyusui yang salah, frekuensi menyusui yang kurang juga bisa menurunkan produksi ASI bahkan membuat ASI sama sekali tidak keluar. Usahakan untuk memiliki frekuensi yang cukup setiap hari. Jika Mom tidak menyusui secara langsung, Mom bisa memompa ASI dengan alat pemompa ASI secara rutin.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan produksi ASI tidak lancar. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading