Sukses

Parenting

5 Alasan Ibu Hamil Perlu Mengonsumsi Dark Chocolate

Fimela.com, Jakarta Ngidam selama kehamilan seringkali tak terelakkan. Di sini kita perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang kita konsumsi demi kesehatan diri dan juga bayi dalam kandungan. Bagi yang sedang ngidam cokelat, disarankan memilih dark cocholate (cokelat hitam murni).

Mengonsumsi dark chocolate bisa bantu menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, mengonsumsi cokelat selama kehamilan dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi dengan mengurangi risiko mengalami preeklampsia dan meningkatkan fungsi plasenta. Selain itu, masih ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan, selenkapnya langsung saja simak di sini.

1. Melahirkan Bayi yang Lebih Bahagia

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia, ibu hamil yang mengonsumsi cokelat bisa melahirkan bayi yang lebih bahagia. Selama cokelat yang dikonsumsi tidak berlebihan dengan tetap menjaga pola makan sehat, kemungkinan memiliki bayi yang lebih bahagia sangat bisa didapatkan.

2. Mengurangi Stres selama Kehamilan

Karena perubahan hormon dalam tubuh selama kehamilan, suasana hati bisa berubah-ubah dan rentan mengalami stres. Mengonsumsi dark chocolate diyakini dapat mengurangi stres selama kehamilan secara signifikan.

 

3. Mengurangi Risiko Keguguran

Ibu hamil yang mengonsumsi cokelat setiap hari sebanyak 20% memiliki risiko lebih rendah mengalami keguguran pada trimester pertama. Selalu kontrol kehamilan secara rutin untuk memastikan kondisi ibu dan bayi senantiasa sehat.

4. Menjaga Berat Badan

Menjaga pola makan sangatlah penting selama kehamilan. Mengonsumsi dark chocolate diyakini dapat memaksimalkan upaya menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu, mengonsumsi dark chocolate juga dapat membantu menurunkan kolesterol dengan pastinya memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan seimbang.

5. Mengurangi Risiko Preeklampsia

Preeklampsia adalah sindrom yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, kenaikan kadar protein di dalam urin (proteinuria), dan pembengkakan pada tungkai (edema). Satu dari penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi cokelat rutin setiap hari dapat mengurangi risiko preeklampsia sebanyak 50%.

Memilih makanan yang bergizi dan bernutrisi selama kehamilan sangatlah penting untuk menjaga kelancaran hingga persalinan. Semoga info ini bisa memberi referensi yang bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengatasi Nyeri Bahu saat Hamil, Simak Tipsnya Ini
Artikel Selanjutnya
5 Perbedaan Hamil Anak Pertama dan Kedua