Sukses

Parenting

Perubahan Payudara selama Kehamilan, Ketahui 4 Hal Penting Ini

Fimela.com, Jakarta Selama menjalani kehamilan, ada berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh. Salah satunya adalah perubahan pada payudara. Kehamilan bisa memberi pengaruh yang besar pada payudara kita.

Perubahan pada payudara bisa berbeda pada setiap ibu hamil. Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, ada beberapa perubahan umum yang terjadi pada payudara selama kehamilan. Selengkapnya, langsung simak infonya di sini ya.

1. Payudara Semakin Besar

Tubuh kita mulai menyiapkan diri untuk melahirkan. Aliran darah yang mengalir ke payudara pun meningkat. Selain itu, berat badan tubuh juga meningkat untuk menopang perut yang semakin besar. Hal ini dapat membuat payudara semakin besar.

2. Warna Puting Payudara Semakin Gelap

Selama kehamilan, warna puting akan semakin gelap dan padat. Hal ini terjadi karena peningkatan produksi estrogen dan progesteron. Bahkan warna areola semakin gelap dan ukurannya semakin besar.

 

3. Payudara Mengeluarkan Kolostrum

Kolostrum adalah susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan dan beberapa hari setelah kelahiran bayi. Karena tubuh sedang mempersiapkan diri untuk masa menyusui, maka payudara kemungkinan akan mengeluarkan cairan kental dan lengket dengan warna yang agak kekuningan. Cairan ini disebut kolostrum yang kaya akan nutrisi.

4. Payudara Terasa Nyeri

Ini adalah gejala paling umum yang dirasakan ibu hamil. Payudara yang terasa nyeri merupakan salah satu hal yang dialami perempuan ketika hamil. Perubahan hormon dalam tubuh menjadi penyebab kondisi ini.

Ibu hamil juga akan mengalami stretch mark pada tubuhnya karena pertumbuhan janin dan perubahan bentuk tubuh. Semoga kehamilan yang dijalani bisa senantiasa lancar, ya sehingga bayi yang dilahirkan bisa tumbuh sehat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengatasi Lapar Berlebihan saat Hamil, Simak 4 Tipsnya Ini
Artikel Selanjutnya
Muntah pada Ibu Hamil, Berpengaruhkah pada Kesehatan Janin?