Sukses

Parenting

3 Hal Penting yang Perlu Dipahami sebelum Melakukan USG 4D

Fimela.com, Jakarta Memeriksakan kehamilan secara rutin sangatlah penting. Memastikan tumbuh kembang janin baik dan kesehatan ibu terjaga sangatlah penting demi kelancaran kehamilan hingga proses persalinan. Pemeriksaan USG pun perlu dilakukan untuk memeriksa kondisi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Selain USG biasa 2 dimensi, ad USG 4 dimensi (4D). Harga yang dikeluarkan untuk pemeriksaan USG 4D jelas lebih mahal. Mengutip buku MoneySmart Parent: Panduan Praktis Perencanaan Keuangan Orangtua Baru ada beberapa hal penting yang perlu diketahui dan dipahami mengenai USG 4D. Berikut infonya.

1. USG 4D Lebih Mahal

Biaya untuk melakukan USG 4D lebih mahal daripada USG 2D. Perbedaan biayanya, USG 4D bisa 2-3 kali lipat lebih mahal daripada USG 2D. Apabila kondisi finansial kita memungkinkan, tak ada salahnya untuk memilih USG 4D ini. Terlebih bila kehamilan kita memiliki faktor risiko tinggi seperti sejarah keguguran, sejarah melahirkan prematur, hamil kembar, hamil pada usia lanjut, dan sebagainya.

 

2. USG 4D Memberi Tampilan Tiga Dimensi

Citra yang dihasilkan dari USG 4D lebih tajam dan realtime. Tampilannya tiga dimensi sehingga terlihat lebih realistis karena ada volume dan kedalaman yang lebih nyata. Selain itu, kita bisa melihat gerak-gerik janin seperti gerakan membuka tutup mata hingga tersenyum. Dokter pun bisa melihat semua anatomi dengan lebih jelas. Tampilan otak, tulang, jumlah bilik dan katup jantung serta pergerakannya, hingga kondisi air ketuban dan nutrisi dari plasenta melalui tali pusat bisa dimonitor oleh dokter dengan lebih mudah.

3. Sesi USG 4D Lebih Lama

Saat melakukan USG 2D, waktu yang dibutuhkan sekitar 15-20 menit. Pada pemeriksaan USG 4D, waktunya lebih lama, yaitu bisa sampai satu jam. Kita pun bsia mendapat berlembar-lembar foto dan CD berisi rekaman pemeriksaannya.

Jika hanya ingin melihat wajah si kecil, pemeriksaan USG 4D bsa dilakukan pada usia kehamilan sekitar tujuh bulan saat janin sudah lebih aktif dan besar. Selalu konsultasikan dulu ke dokter ya sebelum memutuskan untuk melakukan pemeriksaan USG 4D ini.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengatasi Nyeri Bahu saat Hamil, Simak Tipsnya Ini
Artikel Selanjutnya
5 Perbedaan Hamil Anak Pertama dan Kedua