Sukses

Parenting

4 Trik yang Dilakukan Orangtua untuk Mengajarkan Disiplin pada Anak

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal yang paling sulit dalam mengasuh dan mendidik anak adalah mendisiplinkan mereka. Sebagai orangtua, kamu harus tetap teguh dan konsisten saat mendisiplinkan anak-anak yang dimulai sejak dini. Saat kamu ingin anak-anak mematuhi aturan orangtua sendiri juga harus mematuhi aturan tersebut. Jika tidak, anak-anak tidak akan menganggap kata-katamu serius.

Jadi, jika ingin menemukan cara untuk mendisiplinkan anak-anak dan membantu mereka menjadi pengambil keputusan yang lebih baik maka berikut adalah beberapa tips untuk dilakukan para orangtua, seperti dilansir dari situs Boldsky, Selasa (2/1/2020).

1. Tetapkan Beberapa Aturan Bagi Anak-Anak Anda

Untuk Mengikuti Aturan dan disiplin berjalan seiring. Tanpa mematuhi aturan-aturan dasar tertentu, seseorang tidak bisa bersikap sopan dan disiplin. Karena itu, Anda dapat menetapkan beberapa aturan untuk diikuti anak-anak Anda. Anda tidak perlu menjadi tentara untuk mendisiplinkan anak-anak Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah beberapa aturan yang mudah diikuti. Seperti Anda dapat meminta mereka bangun pagi, menyirami tanaman, menyelesaikan pekerjaan rumah tepat waktu, mengatur rak buku, dan pulang tepat waktu.

2. Cobalah Menjadi Sedikit Fleksibel

Kadang-kadang Ada saat-saat ketika anak-anak Anda mungkin tidak dapat mengikuti beberapa aturan yang Anda tetapkan. Dalam situasi seperti itu, alih-alih menampar atau memarahi anak-anak Anda, Anda bisa tetap sedikit fleksibel. Tapi itu harus hanya ketika niat mereka tidak dimaksudkan untuk melanggar aturan. Sebagai contoh, misalkan Anda telah menetapkan waktu ketika anak-anak Anda harus kembali ke rumah, tetapi karena mereka terjebak kemacetan atau karena ban sepeda mereka rata, Anda tidak perlu meneriaki mereka. Sebaliknya, tanyakan alasan mereka terlambat. Ini dapat membantu membuat anak-anak Anda disiplin dengan waktu yang berlalu.

 

3. Menanggapi Kesalahan yang Dilakukan oleh Anak-Anak Anda

Terkadang orang tua cenderung mengabaikan kesalahan anak-anak mereka, berpikir bahwa mereka nantinya akan menyelidiki masalahnya. Tetapi Anda harus tahu bahwa ini dapat mendorong anak-anak Anda untuk melanggar peraturan dan melakukan kesalahan cukup sering. Mereka mungkin merasa benar-benar oke untuk tidak disiplin dan melakukan apa pun yang tampaknya benar bagi mereka. Kami tidak mengatakan bahwa Anda perlu menampar anak-anak Anda saat Anda menemukan mereka melakukan sesuatu yang salah. Sebagai gantinya, Anda dapat meminta mereka untuk berhenti melakukan pekerjaan khusus itu dan menyuruh mereka berperilaku dengan cara yang lebih baik.

 

4. Hindari Menjadi Terlalu Keras

Seringkali orang tua berpikir bahwa berteriak pada anak-anak mereka akan membantu mereka dalam mendisiplinkan anak-anak mereka. Namun, ini sepenuhnya hipotetis dan salah. Ada perbedaan antara bersikap keras dan keras. Yang pertama tidak selalu terdiri dari menggunakan kekuatan fisik dan berteriak. Suara yang tegas dan rendah juga dapat menunjukkan keketatan. Berteriak atau menggunakan kekuatan fisik untuk mendisiplinkan anak-anak Anda tidak pernah merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Ini dapat memiliki dampak buruk pada anak-anak Anda dan juga dapat membuat mereka bermusuhan setelah waktu tertentu.

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Kebiasaan Sederhana untuk Menjadi Orangtua yang Terbaik
Artikel Selanjutnya
Beban Kerjamu Sebagai Orangtua Juga Bisa Pengaruhi Perkembangan Anak