Sukses

Parenting

4 Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

ringkasan

  • Kenalkan Konsep Uang dan Menabung
  • Sediakan Celengan untuk Si Kecil
  • Jangan Turuti Kemauan Kecil Secara Instan

Fimela.com, Jakarta Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang untuk disimpan. Menabung memiliki banyak manfaat, misalnya untuk memenuhi kebutuhan mendadak atau kebutuhan di masa mendatang. Untuk itulah sangat baik untuk mengajarkan anak menabung sejak dini. Melatih anak untuk tidak melakukan gaya hidup konsumtif penting dilakukan. Salah satunya dengan mengajarkan menyisihkan sebagian uang sakunya untuk ditabung.

Metode yang diggunakan untuk mengajarkan anak menabung tidak perlu terlalu keras. Ada kalanya anak mendapatkan uang selain uang saku sekolah. Misalnya saat momen lebaran anak mendapatkan uang dari kerabat terdekat, alangkah baiknya menyarankan anak untuk menyisihkan uang tesebut.

Berikut ini tips untuk mengajarkan anak menabung sejak dini, yang bisa diterapkan.

Kenalkan Konsep Uang dan Menabung

Kenalkan pada anak tentang konsep menabung terlebih dahulu. Misalnya, menjelaskan kepada si kecil, apabila ingin membeli barang maka ia harus menggunakan uang. Untuk mendapatkan uang, maka si kecil harus mengumpulkannya terlebih dahulu. Setelah ia mengerti, selanjutnya Mom dapat menjelaskan konsep menabung pada si kecil.

Sediakan Celengan untuk Si Kecil

Berikan celengan kepada si kecil, saat ini banyak celengan berbentuk unik sehingga dapat menambah daya tarik si kecil untuk menabung. Usahakan menggunakan celengan plastik bukan celengan kunci, karena untuk menghindari si kecil tergoda mengambil uang sebelum celengan penuh.

Ajaklah Anak ke Bank

Sesekali ajak si kecil ke bank. Mengenalkan menabung di bank sejak dini bukan hal tabu. Semakin baik apabila si kecil dapat mengetahui, bahwa menabung tidak hanya dilakukan di rumah menggunakan celengan, tetapi dapat juga dilakukan di bank.

Jangan Turuti Kemauan Kecil Secara Instan

Apabila si kecil menginginkan mainan, alangkah baiknya Mom mengajarkannya untuk menahan diri. Misalnya saja ketika si kecil ingin membeli mainan. Mom, bisa memberikan tugas kepada si kecil seperti menyisikan sebagian uang sakunya untuk ditabung guna membeli mainan yang diinginkan.

Menabung sejak dini memang perlu Mom, supaya melatih anak untuk tidak mengikuti gaya hidup konsumtif. Tertarik untuk mengajarkan Anak menabung? Semoga tips ini berhasil ya, Mom!

#GrowFearless With FIMELA

Loading