Sukses

Parenting

5 Tanda Awal Hamil Anak Kembar

ringkasan

  • Morning Sickness yang Parah
  • Rasa Lelah yang Luar Biasa
  • Suasana Hati yang Naik Turun (Mood Swings)

Fimela.com, Jakarta Peluang hamil anak kembar bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari pengaruh usia, faktor keturunan, hingga metode kehamilan. Kehamilan perlu dicek rutin untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhannya dari waktu ke waktu.

Cara yang paling tepat untuk mencari tahu apakah hamil anak kembar adalah dengan pemeriksaan USG. Selain itu, melansir 24 Signs And Symptoms Of Twin Pregnancy via momjunction.com, ada beberapa tanda atau gejala awal yang bisa dirasakan saat hamil anak kembar. Seperti lima tanda berikut ini.

1. Morning Sickness yang Parah

Tingginya kadar hormon hCG dapat menyebabkan morning sickness yang parah pada dua minggu pertama kehamilan. Dalam beberapa kasus, morning sickness dapat terjadi sebelum telat haid.

2. Rasa Lelah yang Luar Biasa

Kehamilan anak kembar bisa menyebabkan rasa lelah yang luar biasa dan mudah mengantuk pada dua hingga tiga minggu pertama kehamilan. Jika setelah pemeriksaan, kita ternyata memang hamil anak kembar, maka mendapat waktu tidur yang cukup dan pola makan yang seimbang sangatlah penting.

3. Nafsu Makan Meningkat Tajam

Ketika kita hamil anak kembar, maka ada kemungkinan besar nafsu makan kita akan meningkat tajam. Karena tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi dan makanan untuk tumbuh kembang janin, maka nafsu makan kita akan ikut bertambah.

4. Suasana Hati yang Naik Turun (Mood Swings)

Karena tingginya kadar hormon yang diproduksi tubuh untuk menunjang pertumbuhan janin, suasana hati bisa naik turun cukup tajam (mood swings). Tanda ini bisa muncul dan cukup terasa pada enam minggu pertama kehamilan.

5. Ukuran Perut yang Sangat Besar

Ini juga tanda yang cukup mudah dilihat. Untuk mengakomodasi kehamilan anak kembar, maka ukuran perut ibu akan lebih besar daripada ibu yang hamil biasa.

Kehamilan dideteksi dari meningkatnya kadar hCG pada darah dan urin. Jika kadarnya lebih dari rata-rata, maka ada indikasi kehamilan anak kembar. Pemeriksaan rutin ke bidan atau dokter kandungan penting dilakukan untuk memastikan kondisi ibu dan janin dalam keadaan baik.

#ChangeMaker

;
Loading

Live Streaming

Powered by