Sukses

Parenting

Lakukan Ini Jika Masih Ada yang Menyepelekan Pandemi Virus Corona

Fimela.com, Jakarta Sampai saat ini tidak semua orang menganggap serius pandemi virus Corona. Masih banyak orang percaya bahwa COVID-19 yang disebabkan oleh virus Corona hanya sebatas penyakit flu biasa, bahkan ketika pemerintah telah memberikan himbauan.

Masih banyak orang tidak memahami bahwa jarak sosial dapat membantu orang lain yang mungkin lebih rentan terhadap virus baru ini. Sedang merasakannya? Tenang, kamu tidak sendirian.

Virus Corona justru paling berbahaya untuk orang dewasa dengan usia yang lebih tua atau mereka yang memiliki kondisi kesehatan serius. Dalam masa-masa penuh tantangan seperti ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencoba bicara dengan keluarga atau teman yang masih menyepelekan pandemi virus Corona ini, seperti dilansir dari huffpost.com, Rabu (18/3/2020).

1. Jangan bicara berdasarkan pertimbangan, bicaralah berdasarkan rasa khawatir dan fakta

Ekspresikan pendapatmu dengan jelas dan tidak menghakimi. Pilih dan gunakan kalimat yang tepat ketika bicara dengan keluarga atau teman tentang pandemi virus Corona yang saat ini sedang terjadi.

Selain itu, kamu harus siap dengan fakta dari sumber yang terpercaya, seperti WHO. Karena bagaimanapun, akan tetap ada orang yang tidak mengindahkan nasihatmu, namun beberapa yang lain akan membutuhkan banyak fakta. Pada akhirnya, biarkan semua orang memilih sendiri tanggung jawab dan konsekuensinya.

2. Masuk ke dalam percakapan dengan penuh kasih

Pikirkan cara untuk menyampaikan pesanmu hingga inti permasalahannya dengan penuh kasih. Setidaknya biarkan orang lain tahu bahwa kamu peduli tentang kesehatan dan keselamatan mereka.

Untuk percakapan yang sulit, jangan langsung melakukannya. Tanyakan dulu pada orang tersebut, apa dia lebih nyaman bicara melalui telepon atau secara langsung tentang pandemi virus Corona, jika ini nantinya menimbulkan konfrontasi.

 

 

3. Fokuslah pada hal-hal yang mereka pedulikan

Tidak ada yang senang diberitahu apa yang harus dilakukan, jadi jangan mencoba mengubah perilaku seseorang namun lebih baik fokus pada hal-hal yang mereka prioritaskan.

4. Membandingkan virus Corona dengan pandemi lainnya di masa lalu

Banyak orang tidak menyadari bahayanya pandemi virus Corona karena mereka pernah melewati masa krisis lainnya di masa lalu. Kamu juga bisa memasuki percakapan dari hal ini, bahas konsekuensi dari sikap menyepelekan hal-hal serius, seperti saat ini.

5. Realistis terhadap apa yang bisa kamu lakukan

Sulit untuk membuat semua orang memiliki pandangan yang sama denganmu, bahkan dari anggota keluarga atau teman. Jika masih ada yang menyepelekan pandemi virus Corona, tidak masalah untuk menetapkan batasan dengan mereka atau menjauhkan diri secara fisik.

6. Akuilah bahwa menjaga jarak sosial adalah hal yang sulit, bahkan untuk kamu sekalipun

Semua orang pasti merasakan hal yang paling berat dari pandemi virus Corona ini, adalah bahwa mereka harus mengisolasi diri. Social distancing jelas berdampak pada semua orang. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

;
Loading