Sukses

Parenting

5 Tips Agar Anak Menjalankan Puasa Ramadan yang Menyenangkan

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan puasa, tentunya membuat banyak orang tua berusaha unuk mengajak anak-anaknya berpuasa. Tapi ingat ya Mom, tetap perhatikan usia anak dan cara melatih anak untuk berpuasa dengan benar. Biarkan anak-anak siap untuk menjalankan puasa sesuai dengan usianya. Ketika ana mulai belajar berpuasa ada baiknya Mom membuat masa puasa si kecil selama Ramadan menyenangkan. Berikut ini beberapa cara untuk membuat si kecil melakukan puasa dengan menyenangkan.

Ceritakan Tentang Ramadan Kepada Anak

Sebelum Ramadan benar-benar dimulai, beri tahu anak tentang apa itu Ramadan, sejarah di baliknya, mengapa umat islam berpuasa. Libatkan anak dalam diskusi kecil dan ceritakan kepada mereka tentang kapan mulai berpuasa. Jadikan itu hal yang menarik dan menghibur, jadi ketika Ramadan sebenarnya dimulai, anak antusias dan siap untuk mencoba puasa.

Libatkan Anak dalam Mengembangkan Tindakan Puasa yang Cocok

Merupakan ide yang baik untuk membuat rencana tindakan dengan anak di mana Mom dapat memutuskan berapa jam untuk berpuasa, jenis makanan apa yang ingin mereka makan setelah berbuka puasa, apa yang harus mereka lakukan ketika mereka sedang berpuasa. Dengan melibatkan anak, ia akan merasa lebih bersemangat dan merasa penting.

Libatkan Anak saat menyiapkan Makanan

Dengan melibatkan anak dalam persiapan makan, ia tidak hanya akan tetap sibuk tetapi juga akan memunggu berbuka puasa dengan sesuatu yang ia sukai. Pastikan untuk bertanya kepada anak, apa yang ingin ia makan dan persiapkan. Ini akan membuat anak bersemangat dan dia akan siap membantu Mom di dapur menyiapkan makanan khusus.

Dorong Anak untuk Berdoa

Bersamaan dengan mendorong anak untuk berpuasa, doronglah dia ia untuk memperlajari doa-doa mereka. Ajari dia tentang mempelajari lima rukun Islam dan pentingnya setiap rukun. Jelaskan kepadanya dengan cara yang menarik bagaimana puasa, doa dan lima pilar membuat Allah bahagia dan membuka pintu surga. Jelaskan kepada anak pentingnya surga dan melakukan perbuatan baik.

Ajari Anak Membaca Al-Quran

Ajari anak cara membaca Al-Quran dan menjelaskan sejarah dan pentingnya membaca Al-Quran. Ramadan adalah bulan yang bagus untuk mulai memperkenalkan anak, tidak hanya berpuasa, tetapi juga ke aspek Islam lainnya. Pastikan Mom menggunakan bahasa yang mudah dimengerti anak dan buat semua semenarik mungkin.

Meskipun itu adalah ide bagus untuk memperkenalkan puasa kepada anak antara usia 7-9 tahun, pastikan bahwa Mom santai kepada anak dan terus mendorongnya. Jangan marah jika anak berbuka sebelum waktunya. Ingat anak masih terbiasa dengan gagasan puasa dan itu akan memakan waktu. Semakin banyak anak berlatih, semakin mudah untuknya berpuasa. Pastikan Mom menghargai anak karena usahanya, tetapi jangan memaksanya terlalu keras.

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading