Sukses

Parenting

Manfaat Cerita pada Anak, 3 Dampak Positif Membaca sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Aktivitas membaca perlu dikenalkan sejak dini. Membaca bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak sekaligus menjadi kesempatan yang bagus untuk pendidikan holistik. Mengenalkan anak pada buku cerita atau sering meluangkan waktu untuk mendongengkan cerita pada anak, ada sejumlah dampak positif yang bisa didapatkan.

Melansir schoolbag.sg, ada tiga dampak positif kegiatan membaca dan mengenalkan cerita pada anak. Langsung saja simak di sini selengkapnya, ya.

1. Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Mendengar

Anak-anak membangun sikap dan kebiasaan mereka dengan meniru orang dewasa di dekat mereka. Membacakan cerita secara nyaring membantu anak-anak untuk lebih mengenal bahasa lisan. Anak-anak akan belajar cara menggunakan kata dan frase untuk membentuk kalimat serta memahami cara pengucapan berbagai kata. Membacakan cerita pada anak bisa membantu meningkatkan kemampuannya dalam memahami sesuatu karena mereka berusaha mendengar dan memahami cerita yang dibacakan kepada mereka.

2. Membentuk Semangat Belajar

Kegiatan mendongeng atau membacakan cerita dapat menstimulasi anak untuk bertanya. Saat anak bertanya, tandanya anak sedang memikirkan cerita dan karakternya. Hal ini dapat membantu mengembangkan daya kreativitas dan kemampuan berpikir kritisnya. Selain mendorong anak untuk bertanya, kita bisa mencari tahu minat anak dari cerita-cerita yang kita bacakan keadapnya. Anak-anak pun akan terdorong untuk menggunakan daya imajinasi dan lebih semangat membaca. Saat sudah menyukai aktivitas membaca, semangat belajar pun akan meningkat dengan sendirinya.

3. Meningkatkan Kedekatan

Setiap anak berbeda-beda dan minatnya pun bisa beragam. Membacakan cerita pada anak bisa membuka kesempatan untuk mendiskusikan bahan bacaan tersebut. Bisa meluangkan waktu untuk berbicara dan berdiskusi dengan anak melalui buku cerita dapat meningkatkan kedekatan orangtua dan anak. Anak-anak pun bisa berbagai pengalaman dan sudut pandangnya sendiri terhadap sebuauh cerita. Dari sini, kita bisa mengenal karakter anak lebih dalam.

Yuk, kenalkan buku dan keseruan aktivitas membaca pada anak sejak dini. Kita optimalkan tumbuh kembangnya dengan mengenalkannya pada buku-buku dan dunia baru yang bisa dijelajahi dari setiap buku tersebut.

 

Cek Video di Bawah Ini

#ChangeMaker

;
Loading