Sukses

Parenting

A World of Married Couple Angkat Isu Kleptomania, Ini Serba-serbinya

Fimela.com, Jakarta A World of Married Couple memasuki episode 13 yang sudah dinantikan para penonton setianya. Selain babak baru drama perselingkuhan, fakta lain yang diungkap adalah isu kleptomania yang diidap karakter Lee Joon Young.

Kleptomania atau pencurian impulsif yang banyak dilupakan orang diangkat kembali dalam drama fenomenal yang viral. Berikut serba-serbi kleptomania yang bisa kita ketahui melansir dari healthline.com. 

Kleptomania adalah kegagalan berulang untuk menahan keinginan mencuri. Dalam kebanyakan kasus, orang tersebut mencuri hal-hal yang tidak mereka butuhkan.

 

Padahal mereka bisa dengan mudah membeli barang tersebur karena bernilai kecil. Namun yang dicari adalah perasaan kecemasan, ketegangan sekaligus kesenangan dan kelegaan selama proses pencurian.

Banyak kleptomaniak merasa bersalah atau menyesalinya setelah pencurian selesai. Namun mereka malu untuk mengakuinya dan kembali mengulanginya karena tidak mampu menahan keinginan tersebut. 

Setelahnya barang-barang yang dicuri oleh orang dengan kleptomania justru jarang dipakai sendiri. Kemungkinan besar mereka akan membuangnya, menyembunyikannya, atau memberikannya kepada teman, persis seperti yang dilakukan Lee Joon Young yang mengambil pulpen temannya dalam A World of Married Couple.

Penyebab Kleptomania

Dalam kasus kleptomania, mencuri bisa disebabkan oleh kecemburuan, penghargaan yang rendah pada diri sendiri, atau tekanan dari teman sebaya. Masalah sosial seperti merasa diabaikan juga dapat menjadi penyebab kleptomania. 

Ia menjadikan tindakan mencuri untuk membuktikan kemandirian. Atau melawan keluarga dan teman karena kembali lagi, mereka tidak menghargai diri sendiri dan orang lain.

Selain itu trauma psikologis terutama trauma pada usia muda juga dapat berkontribusi pada perkembangan kleptomania. Disfungsi keluarga seperti perceraian yang membuat anak dicap broken home juga dapat menyebabkan mereka mencuri.

Simak Video Pilihan Berikut

#ChangeMaker 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Pelihara Kesehatan dengan 4 Buah yang Baik untuk Pencernaan Anak
Artikel Selanjutnya
5 Tips Bicara pada Anak tentang Pandemi Virus Corona