Sukses

Parenting

Jadi Ibu Muda, Ini 4 Peralatan Wajib Punya untuk Kebutuhan Si Kecil

Fimela.com, Jakarta Sebagai ibu muda, ada banyak hal baru yang perlu dipelajari untuk mendukung tumbuh kembang dan memenuhi kebutuhannya. Seringkali, ibu muda bingung harus menyediakan perlengkapan dan peralatan yang seperti apa untuk memenuhi kebutuhan si kecil.

Mothercare pun merekomendasikan setidaknya empat kategori pelengkapan yang wajib dimiliki oleh ibu muda sehingga bisa merawat si kecil dengan rasa nyaman. Menurut Vasudev Katarina selaku Senior Vice President Mothercare Indonesia, memiliki anak untuk pertama kalinya memang menjadi hal yang berharga, khususnya bagi ibu. Sehingga ada banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Peralatan apa yang harus disiapkan oleh ibu muda? Simak informasi selengkapnya.

1. Perlengkapan tidur

Diperlukan tidur yang berkualitas bagi sang anak agar tumbuh kembang otak maupun fisiknya berjalan dengan lancar. Sehingga harus dipersiapkan lingkungan, tempat, dan pakaian yang nyaman untuk anak lebih tidur dengan nyenyak. Barang yang diperlukan di antarnya sleepsuit atau baju tidur bayi yang tertutup hingga kaki, swaddle blanket yang menjadi kain bedong untuk membuat bayi merasa nyaman, tempat tidur bayi dengan rangka yang kuat dan kasur empuk, sertai baby boucer yang menjadi kursi goyang untuk memungkinkan anak semi berbaring dengan mmbawa efek menenangkan pada bayi.

2. Perlengkapan menyusui

Hal terpenting dan esensial yang patut dimiliki ibu menyusui adalah alat pompa asi, breast pad, tempat penyimpanan susu, serta nipple cream. Fungsinya untuk membilas area liur bayi dan membuat bayi merasa nyaman ketika menyusui. Sebagai opsi lain, ibu menyusui bisa memiliki nursing pillow untuk menopang bayi ketika menyusui agar memiliki ketinggian yanng sama dengan putting.

 

3. Perlengkapan pergi

Ketika bepergian bersama bayi, tentu ada banyak perlengkapan yanng harus disiapkan. Seperti gendongan yang mempermudah aktivitas ibu, kursi khusus anak di mobil, stroller, dan diaper bag. Penelitian menyebut bahwa anak-anak baru lahir hingga tiga tahun dan duduk di kursi belakang tengah akan merasa lebih aman 43 persen dibanding duduk di samping atau belakang.

4. Peralatan kebersihan

Sangat penting bagi ibu untuk menjaga kesehatan bayi sejak dini. Tisu basah multiguna bisa menjadi solusi praktis untuk membersihkan apapun yang berkaitan dengan bayi. Selain itu, ada juga sterilizer untuk mematikan bakteri dan kuman pada botol bayi. Terakhir, bak mandi bayi untuk memastikan aktivitas mandi tetap aman dan nyaman dengan ketinggian yang pas bagi orangtua.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Memberi Pemahaman Pentingnya Social Distancing bagi Remaja
Artikel Selanjutnya
Amankah Membiarkan Anak Bermain dengan Temannya Sekarang?