Sukses

Parenting

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membersihkan Gigi Anak

Fimela.com, Jakarta Menjaga gigi anak dari kerusakan dengan memulai perawatan sejak dini. Terlepas dari uslia balita, mempraktikkan kebersihan mulut yang baik dan membangun rutinitas perawatan gigi yang menyeluruh sangat penting dalam  mempersiapkan kesehatan mulut pada anak yang baik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan gigi si kecil.

Kapan Anak Bisa Mulai Menyikat Gigi

Saat bayi mulai tumbuh gigi, ini adalah saat untuk membersihkan gigi si kecil. Mom dapat menggunakan kain lembut basah atau sikat jari untuk menyeka gusi mereka dan menghilangkan bakteri. Ini membantu mencegah kerusakan pada gigi anak. Disarankan untuk membersihkan gigi setidaknya dua kali sehari.

Cara Menyikat Gigi Anak

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan si kecil perlu diperhatikan cara-caranya ya Mom. Berikut ini adalah cara tepat menggosok gigi si kecil sesuai dengan umurnya.

Sebelum Tumbuh Gigi

Sebelum anak memiliki gigi, Mom dapat memulai menyikat gusi bayi hanya dengan waslap dan air atau sikat jari. Bersihkan dengan lembut di sekitar gusi dan pastikan untuk berada di bawah daerah bibir untuk membantu mengurangi penumpukan bakteri.

Setelah Tumbuh Gigi

Setelah anak mulai tumbuh gigi, gunakan sikat basah dengan bulu halus dengan gerakan lembut melingkar di bagian depan, belakang dan permukaan atas semua gigi dan sepanjang garis gusi. Para orang tua juga dapat memilih untuk menggunakan sedikit pasta gigi khusus anak untuk anak usia 3 tahun.

Cara Memilih Sikat Gigi

Usia anak juga memainkan peran besar dalam memilih cara yang tepat untuk menjaga kebersihan mulut mereka. Jika si kecil belum memiliki gigi atau mungkin baru tumbuh gigi, ada baiknya waslap adalah alat yang tepat untuk membersihkan mulut si kecil.

Ketika anak mulai tumbuh gigi dan selalu ingin memasukkan benda-benda ke mulutnya, mereka dapat mengambil peran yang lebih aktif dalam membersihkan gigi mereka dengan teether. Ini dapat digunakan selama waktu anak bermain dan juga dapat membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan saat mereka tumbuh gigi.

Setelah anak mulai tumbuh gigi, saatnya untuk memperkenalkan sikat gigi dengan bulu lembut dan pasta gigi. Pilih sikat seukuran anak yang memiliki kepala sikat lebih kecil yang dapat masuk ke celah-celah mulut anak.

Mom dapat menumbuhkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi pa si kecil sejak dini. Kebersihan mulut sangatlah penting bagi si kecil.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaatkan Momen World Allergy Week, Yuk Cegah Alergi Pada Buah Hati Sedari Dini
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Membangun Kedekatan antara Orangtua dan Anak