Sukses

Parenting

3 Cara Mengatur dan Menetapkan Rutinitas Tidur Anak yang Baik

Fimela.com, Jakarta Menetapkan rutinitas waktu tidur untuk anak-anak tidak selalu merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan. Tetapi itu dapat membantu anak untuk mendapatkan tidur malam yang baik. Terlebih untuk anak usia prasekolah, ketika anak-anak seusia ini perlu membangun kemandirian mereka dan menjadi sadar akan hal-hal yang dapat mereka kendalikan. Selain itu tidur nyenyak sangat penting untuk pertumbuhan anak yang sehat. Berikut ini adalah beberapa tips menetapkan rutinitas tidur untuk anak.

Buat Konsep Waktu

Rutinitas sebelum tidur harus dimulai dengan melakukan kebiasaan yang sama setiap malam. Ini memungkinkan Mom mematikan ponsel, TV dan komputer satu jam sebelum tidur dan fokus menghabiskan waktu bersama anak. Beberapa orang tua juga memberi peringatan kepada anak beberapa menit sebelum tidur, itu akan membuat anak tahu bahwa waktu tidur sudah dekat. Karena beberapa anak seusia ini tidak mengerti konsep waktu, cobalah untuk mengatur alarm. Ketika alarm berbunyi maka saatnya mereka harus bangun.

Buat Kegiatan Sebelum Tidur

Beberapa elemen, seperti mengenakan piyama dan menyikat gigi bisa dilakukan sebagai rutinitas sebelum tidur. Selain itu Mom juga dapat membacakan cerita untuk pengantar tidur anak. Pilihlah empat atau lima aktivitas seperti menyikat gigi, mandi, minum air putih, ganti baju, dan mendengarkan cerita sebelum tidur.

Biarkan Anak Tidur Sendiri

Jangan biarkan anak menjadi tergantung pada kehadiran Mom untuk tertidur. Putar musik klasik untuk anak-anak, nyalakan lampu tidur, dan ucapkan selamat tidur kepada anak. Berjanjilah kepada anak bahwa Mom akan kembali dalam beberapa menit untuk memeriksanya dan memastikan mereka tertidur.

Membentuk rutinitas tidur perlu membutuhkan waktu, ini lakukan aktivitas secara berulang dan sama, maka anak akan terbiasa dengan rutinitasnya sebelum tidur. Lakukan rutinitas sebelum tidur lebih menyenangkan bagi anak dan mereka akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading