Sukses

Parenting

Inilah Perkembangan Anak Usia 4 Tahun yang Perlu Orangtua Ketahui

Fimela.com, Jakarta Sebagai orangtua yang memiliki anak berusia 4 tahun, mungkin akan memperhatikan bahwa sebagian orangtua memanfaatkan kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama anak untuk bermain, belajar, dan tumbuh. Memhami perkembangan penting usia anak akan membantu memastikan anak berada di jalur yang benar. Ini juga dapat membantu orangtua melihat keterampilan apa yang yang mungkin perlu dipelajari anak. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang perkembangan anak di usia 4 tahun.

Perkembangan Fisik

Sebagai anak berusia 4 tahun mereka akan mengalami perkembangan fisik dengan cepat, mereka tidak hanya tumbuh lebih tinggi, tetapi juga mengalami keterampilan motorik kasar dan halus pada diri mereka. Seorang anak berusia 4 tahun masih belajar bagaimana mengendalikan tubuh mereka dan lebih mungkin untuk mencoba hal-hal baru.

Keterampilan motorik kasar pada anak usia 4 tahun, mereka akan lebih suka berlari-larian dan bergerak aktif. Kemampuan berlari mereka akan meningkat dan bahkan mereka mampu untuk bermain bola dan menggiringnya. Sedangkan untuk keterampilan motorik halus pada anak usia 4 tahun, mereka mampu merangkai manik-manik, mewarnai dan bermain puzzle. Sebagian besar anak pada usia ini, mereka dapat mengenakan pakaiannya sendiri, menyikat gigi dan buang air di toilet.

Pengembangan Emosional

Anak berusia 4 tahun kemungkinan akan semakin baik dalam memecahkan masalah dan memiliki solusi untuk masalah tersebut. Sementara sebagian besar anak usia 4 tahun dapat membaca alphabet dan menghafal bentuk dan warna. Perkembangan kognitif tidak hanya tentang mempelajari fakta dan dasar-dasar akademik. Belajar untuk anak-anak usia ini juga mencakup tentang belajar bagaimana mengajukan pertanyaan dan bagaimana mereka memproses informasi untuk menjadi paham.

Usia 4 tahun ini jelas merupakan usia di mana anak memiliki lebih banyak keterampilan bahasa. Anak usia 4 tahun harus mampu memiliki sekitar 2.500-3.000 kata yang mereka pahami. Namun, pada anak usia 5 tahun, mereka mampu menyerap kata hingga 5.000 kata. Sebagian besar anak bersuia 4 tahun suka menggunakan imajinasi mereka. Mereka bahkan dapat mengembangkan teman khayalan mereka. Mereka mungkin menikmati bermain di rumah seperti menjadi koki, berdandan, menjadi dokter dan lainnya yang melibatkan teman-teman mereka.

Mom mungkin melihat beberapa perubaha besar pada anak ketika ia memasuki usia 4 tahun. Di usia ini anak-anak telah memiliki kemampuan yang luar biasa, mereka mampu mengatasi masalah yang mereka hadapi. Tetap damping anak dalam masa tumbuh kembangnya, dalam hal ini peran orangtua juga sangatlah penting.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Usia Berapa Anak Boleh Bermain Video Game?
Artikel Selanjutnya
Kenali Beberapa Perubahan Jenis Kulit saat Hamil