Sukses

Parenting

5 Trik Cerdas Membuat Dapur Menjadi Tempat yang Aman untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Dapur adalah jantung dari sebuah rumah, namun seringkali menjadi tempat yang kurang aman untuk anak. Berikut ini adalah beberapa trik cerdas membuat dapur sebagai tempat yang aman untuk anak, seperti dilansir dari purewow.com, penasaran?

1. Menjaga lantai dapur tetap bersih

Dapur adalah lokasi utama bagi bakteri berbahaya untuk tumbuh, sehingga penting untuk menyapu dan mengepel tempat tersebut secara rutin. Selain itu, penting untuk mempertimbangkan menggunakan ubin yang anti slip, agar anak tidak mudah terjatuh.

2. Menggunakan produk rumah tangga yang aman

Belilah produk-produk dapur yang lebih aman, terutama jika kamu menyimpannya di tempat- tempat yang mudah dijangkau oleh anak.

3. Mendesain ruangan yang aman

Desain ruangan dapur juga penting agar anak dapat menjangkaunya dengan aman. Jangan meletakkan meja atau kursi di sembarang tempat di dalam dapur, ketika anak-anak sering keluar masuk ruangan tersebut.

 

4. Memperhatikan aktivitasmu sendiri ketika berada di dapur

Ketika memanaskan sesuatu, usahakan untuk menjaganya dari jangkauan anak. Misalnya, putar pegangan panci ke bagian belakang atau membatasi tepi kompor agar tidak mudah dijangkau anak.

5. Narasikan apa yang kamu lakukan

Ajarkan anak tentang keselamatan sedini mungkin, bahkan ketika kamu berpikir mereka belum memahami konsep tersebut. Mulailah dengan menjelaskan apa yang kamu lakukan saat membuat makanan atau saat membersihkan dapur.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tips untuk Mendorong Anak Memiliki Hubungan Baik dengan Saudara Kandung
Artikel Selanjutnya
6 Cara agar Anak Semangat Kembali Masuk Sekolah