Sukses

Parenting

6 Cara agar Anak Semangat Kembali Masuk Sekolah

Fimela.com, Jakarta Tahun ajaran baru 2020/2021 telah dimulai 13 Juli 2020, liburan pun telah usai. Kini waktunya anak kembali sekolah. Meski dimulai sesuai jadwal, kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, dan semua yang terlibat merupakan prioritas utama saat menjalani tahun ajaran baru di masa pandemi Covid-19.

Liburan sekolah memang waktu yang paling menyenangkan bagi anak-anak. Pada umumnya, pasca liburan panjang ini membuat semangat menurun, susah bangun pagi atau enggan untuk belajar. Tentu hal ini membuat orang tua kebingungan mencari cara untuk membangkitkan kembali semangat anak-anak untuk belajar.

Untuk itu, berikut tips yang bisa dilakukan orangtua agar anak kembali semangat untuk belajar, dilansir dari berbagai sumber.

1. Menyiapkan perlengkapan sekolah bersama anak

Di malan hari sebelum tidur, ajak anak untuk menyiapakan perlengkapan sekolahnya seperti memasukan buku, tempat pensil, kotak makan, botol minum ke dalam tas.

Siapakan seragam dan sepatu sekolah. Begitu pun ketika harus sekolah di rumah, orang tua dapat menyiapkan seragam, topi, hingga dasi, jelaskan bahwa ia akan menjalankan sekolah melalui daring. Dengan begitu anak akan merasa excited untuk sekolah.

2. Ajak anak untuk kembali ke rutinitas sekolah

Kembali lakukan rutinitas normal, tidur lebih awal agar dapat bangun pagi hari. Bantu anak untuk bangun pagi, mandi, berpakaian hingga sarapan. Ketika sekolah daring pun hal ini dapat dilakukan, agar memacu semangat anak sekolah.

3. Bicarakan tentang sekolah

Orang tua dapat memulai topik tentang sekolah mereka. Apa pelajaran favorit, jajanan favorit, apa yang dilakukan ketika istirahat, hingga teman-teman dekat mereka.

4. Beberapa perlengkapan sekolah baru

Tahun ajaran baru tentu butuh buku baru atau perlengkapan lainnya. Ajak anak untuk berbelaja apa yang mereka butuhkan ketika kelas baru dimulai.

5. Buatkan makan siang yang mengugah selera

Buatlah bekal makan siang yang anak sukai. Seperti sandwich, roti gulung, buah-buahan segar, hingga camilan sehat. Jika memungkinkan, ajak anak untuk membantu membuat bekalnya.

6. Bicara pada anak

Bicaralah pada anak tentang kembali ke sekolah, jelaskan apa manfaat belajar ketika mereka dewasa. Cari tahu apa yang membuatnya malas untuk pergi ke sekolah, dan carilah solusi bersama.

 

 

#Changemaker

;
Loading