Sukses

Parenting

Sekarang Tidak Ada Lagi Usia Terbaik bagi Perempuan untuk Hamil

Fimela.com, Jakarta Hamil dan berencana punya anak untuk memperluas silsilah keluarga tidak lagi memiliki batasan waktu. Dulu, mungkin kamu sering mendengar, "Lakukan ketika kamu masih muda dan memiliki banyak energi," benar?

Dan mungkin dulu kamu sering membaca artikel yang menyebutkan tentang usia terbaik bagi perempuan untuk hamil dan memiliki anak. Jawabannya, tidak ada usia terbaik bagi perempuan untuk hamil dan memiliki anak.

Keputusan untuk hamil dan memiliki anak harus didasarkan pada banyak faktor, termasuk usia dan kesiapan untuk menjadi orangtua. Kesiapan di sini mencakup kesiapan finansial dan emosional untuk memiliki anak.

Fakta tentang batasan usia perempuan untuk hamil

Lakukan percakapan secara terbuka dengan dokter atau penyedia perawatan sangat penting untuk membuat keputusan dan perencanaan kehamilan dan persalinan yang sehat. Bagaimana dengan masa kesuburan perempuan yang akan terus menurun?

Perempuan paling subur dan memiliki peluang terbaik untuk hamil adalah di usia 20-an. Di usia 25 tahun, kemungkinan hamil setelah 3 bulan percobaan adalah sekitar 20%

Kesuburan secara bertahap akan terus menurun pada usia 32 tahun dan setelah 35 tahun, peluang untuk hamil setelah 3 bulan percobaan adalah sekitar 12%. Kebanyakan perempuan berusia 40-an masih bisa hamil dan memiliki anak yang sehat, namun risikonya juga meningkat secara signifikan.

Fakta tentang batasan usia perempuan untuk hamil

Risiko tersebut mencakup persalinan seksio sesarea, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, cacat lahir, dan kelahiran mati. Seiring bertambahnya usia dan risiko, kemungkinan seorang perempuan untuk hamil akan terus turun karena tubuhnya menyesuaikan diri dengan risiko ini.

Namun, tidak ada batasan usia maksimum untuk hamil, karena usia perempuan tertua di seluruh dunia yang hamil dan memiliki anak adalah 66 tahun. Kesuburuna bukan satu-satunya hal yang harus dipertimbangkan ketika menilai kesiapan.

Keuangan dan keamanan pekerjaan juga berhubungan. Pada setiap tahap kehidupan perempuan, kesehatan dan kesejahteraan psikologisnya penting, seperti memiliki dukungan keluarga yang baik, mengelola stres, banyak tidur dan olahraga, serta memiliki pola makan yang sehat. Bagaimana menurutmu?

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips Aman Merawat Kuku dan Kulit Bayi
Artikel Selanjutnya
5 Pelajaran Penting yang dapat Dipelajari dari Si Kecil