Sukses

Parenting

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Supaya Anak Aman Berada di Rumah

Fimela.com, Jakarta Seorang balita tidak mengenal batasan dan karenanya tidak mengherankan jika mereka berisiko mengalami cidera yang tidak disengaja. Seorang anak yang mulai beranjak besar memiliki rasa ingin tahu tentang banyak hal yang ada di sekitarnya. Berikut adalah beberapa tips untuk menjauhkan anak yang aktif dari beberapa hal berbahaya di rumah.

Keselamatan Anak di Dapur

Balita akan lebih tertarik untuk pergi ke dapur. Ini adalah tempat keluarga menghabiskan banyak waktu untuk makan. Namun, ketika si kecil bermain di sekitar dapur akan memiliki banyak potensi bahaya. Cobalah untuk simpan pisau, garpu, gunting dan benda tajam lainnya di laci yang terkunci, jauhkan minuman panas atau lainnya untuk mengindari si kecil terkena luka bakar.

Keselamatan di Kamar Mandi

Untuk keamanan, tutup toilet dan kunci saat tidak digunakan. Bak mandi memiliki risiko berbahaya bagi si kecil tenggelam. Simpan obat-obatan seperti pembersih kerak di tempat yang tidak dapat dijangkau di kecil. Selain risiko tenggelam dari bak mandi dan toilet, perlatan lain yang membutuhkan aliran listrik seperti pengering rambut dapat menyebabkan sengatan listrik atau  luka bakar.

Keselamatan di Mobil

Pastikan para orang tua memasang kursi mobil dengan benar dan sesuai aturan keselamatan. Si kecil harus berada di kursi mobil menghadap ke belakang. Jangan pernah meninggalkan anak tanpa pengawasan di mobil dan pastikan mereka tidak terjebak di dalam mobil. Jadi jauhkan kunci dari jangkauan anak dan mobil tetap terkunci ketika tidak digunakan. Jelaskan kepada anak bahwa mobil bukan tempat untuk bermain.  Pastikan anak-anak tidak dapat membuka pintu atau jendela dari kursi mereka.

Keselamatan Mainan Anak

Selalu minta anak mengenakan helm sepeda dan peralatan keselamatan lainnya, bahkan jika mereka protes. Pertimbangkan baik-baik mainan anak seperti trampoline, sepatu roda atau skuter atau lainnya yang dapat berpotensi berbahaya. Jika membeli beberapa mainan tersebut, pastikan untuk mengikuti rekomendasi keselamatan dan mengawasi penggunaannya dengan cermat.

Nah Mom itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keselamatan di kecil ketika mereka sudah mulai aktif melakukan aktivitas. Terlebih jika mereka masih berusia di bawah 4 tahun, pastikan untuk terus mengawasi aktivitasnya.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Melatih Keterampilan Motorik Anak
Artikel Selanjutnya
Tips Sederhana Mengembangkan Moral Anak Prasekolah yang Perlu Orangtua Ketahui