Sukses

Parenting

5 Tips Sederhana Menghadapi Anak yang Pilih-pilih Makanan

Fimela.com, Jakarta Waktu makan bisa menjadi momen yang membuat Mom merasa kesal karena anak susah makan dan pilih-pilih makanan. Menyajikan makanan yang menarik dengan rasa yang enak, perlu dilakukan oleh orang tua. Tentunya makanan yang disajikan harus mengandung gizi dan nutrisi yang seimbang. Perhatikan cara-cara sederhana untuk memberikan si kecil makanan yang bergizi seperti berikut ini.

Menu Sarapan yang Variatif

Sebagian besar anak-anak menyukai makanan yang berbeda-beda. Selain itu mereka juga menyukai menu makan malam seperti menu sarapan. Tentu itu perlu dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Buatlah menu sarapan lezat, cepat dan padat nutrisi, banyak opsi untuk membuat menu makan si kecil.

Hias Makanan Semenarik Mungkin

Mungkin anak akan menghindari makanan seperti sayuran atau buah-buahan. Cobalah untuk menghias setiap makanan yang akan dikonsumsi oleh anak. Mungkin akan lebih tertarik dengan beberapa bentuk makanan yang lucu. Di sini kreatifitas Mom akan diuji untuk membuat makanan untuk si kecil. Seiring berjalannya waktu anak belajar bagaimana beradaptasi dengan rasa baru dari makanan tersebut.

Seimbangkan Makanan yang Dikonsumsi

Makanan seimbang mengandung karbohidrat sehat, sumber protein, serat, dan lemak yang baik. Ini akan menghasilkan makanan yang mengenyakan dan bergizi. Cobalah untuk menyediakan seporsi protein untuk anak, itu bisa berupa susu rendah lemak, susu alternatif lainnya. Jika membuat menu makan yang tidak mengandung daging, Mom bisa menggantinya dengan biji-bijian utuh, kacang-kacangan, telur ayam, ikan atau lainnya. Pilihan karbohidrat dapat berupa roti gandum utuh, nasi, jagung, labu, dan kacang polong.

Ganti Menu Makan

Jika orang tua memiliki beberapa menu makanan sehat dan lezat yang berbeda setiap beberapa kali dalam seminggu mungkin dapat dilakukan untuk menghindari anak bosan terhadap beberapa jenis makanan. Orang tua juga dapat membuat menu baru yang mungkin akan disukai oleh anak. Mom juga dapat melibatkan anak dalam merencanakan, mempersiapkan, dan membuat makanan yang akan mereka konsumsi.

Tawarkan Sayuran dan Buah

Sebagian besar waktu, perjuangan terbesar saat makan adalah membuat anak-anak mau mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Beberapa anak akan menolak untuk makan sayur. Jika anak-anak tidak mau makan sayuran, jangan menyerah untuk membujuknya. Terus sajikan berbagai pilihan dan dorong anak untuk mencoba makanan baru, tetapi cobalah untuk menghindari pemberian makan secara paksa.

Mungkin akan menjadi sebuah tantangan bagi orang tua untuk memberikan makan kepada anak yang suka pilih-pilih makanan. Para orang tua juga harus mampu menyajikan makanan yang lezat namun tetap mengandung gizi dan nutrisi yang lengkap untuk menunjang pertumbuhan anak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Jenis Sayuran untuk Memperlancar ASI
Artikel Selanjutnya
Manfaat Musik bagi Kehidupan Anak, Lebih dari Sekadar Hiburan