Sukses

Parenting

Artika Sari Devi Beri Ide Bermain Bersama Si Kecil di Rumah

Fimela.com, Jakarta Di tengah penerapan sekolah virtual dan anak disarankan untuk tetap di rumah, waktu bermain semakin penting. Tidak hanya sebagai momen istirahat anak di sela-sela sekolah virtual tetapi juga pengganti manfaat bermain yang biasa mereka dapatkan ketika di sekolah, seperti kreatifitas, pembangunan karakter dan kemampuan bersosialisasi.

Seperti halnya yang dilakukan Putri Indonesia 2004, Artika Sari Devi yang menyusaikan waktu belajar dan bermain untuk kedua anaknya, Abbey dan Zoey.

"Saya dan suami memiliki kesepakatan sama anak-anak untuk mengimbangi waktu belajar dan main. Saya tidak melarang mereka untuk bermain, karena dari pagi hingga siang mereka sekolah online hanya melihat screen pastinya bosan. Jadi pasti ada break selama 10-15 menit untuk anak rilex" ujar Artika dalam acara virtual #MainYuk Dari Rumah bareng Paddle Pop.

Artika mengatakan bermain merupakan hal yang penting karena dapat mengurangi screen time anak dan membuat anak lebih kreatif. Seperti misalnya, Artika dan kedua anaknya menanfaatkan barang bekas untuk dijadikan mainan seperti memanfaatkan batang es krim.

"Jadi bisa menggunakan DIY mainan dari barang yang tidak terpakai seperti batang es krim menjadi penanda nama bibit tanaman, menjadi boneka mini," ujarnya.

Istri dari Baim ini juga mengatakan jika membebaskan anak-anaknya untuk bermain apa yang diinginkan. Hal ini bertujuan agar mereka berani memimpin dan seberapa berani kedua anak mengungkapkan ide-ide yang ada di kepalanya.

Set up, Play, and, Clean up

Walau membebaskan untuk bermain, Artika mengatakan jika tetap memberikan peraturan dan jadwal. Seperti membuat jadwal harian di rumah.

"Jadi keluarga kami memiliki jadwal harian, mulai dari belajar, higga bermain. Dengan begitu kita bisa bermain bersama-sama," uajrnya

Serta menerapkan aturan bermain di rumah seperti set up, play, and clean up. "Jadi sambil bermian anak juga belajar untuk tanggung jawab, tanggung jawab untuk merapihkan mainannya," tutup Artika.

 

 

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Memahami Dominasi Tangan yang Digunakan Si Kecil yang Perlu Orang Tua Ketahui
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Membangun Kebisaan Digital yang Aman dengan Internet dalam Keluarga