Sukses

Parenting

Hari Anak Nasional 2020, Jokowi: Disiplin Jalani Protokol Kesehatan di Tengan Pandemi Corona

Fimela.com, Jakarta Peringatan Hari Anak Nasional 2020 mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju." Tahun ini, peringatan tersebut memiliki tagline #AnakIndonesiaGembiradiRumah. Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun memberikan ucapan lewat akun Instagram pribadinya @jokowi. Dalam ucapannya tersebut, ia menekankan terdapat lebih dari 70 juta anak Indonesia yang terkenda dampak pandemi Corona dan membutuhkan perlindungan. 

"Lebih dari 70 juta anak Indonesia hari-hari ini ikut merasakan dampak pandemi global Covid-19. Mereka tak bebas bermain bersama kawan sebaya. Sebagian mereka harus belajar dari rumah," tulis Jokowi, Kamis (23/7/2020).

 

Meskipun begitu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berpesan kepada anak-anak di seluruh Indonesia untuk belajar berdisiplin untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan teman-teman. Caranya, dengan disiplin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. 

"Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, pasti anak-anak sudah tidak sabar ingin belajar di sekolah, bertemu dan bermain dengan teman-teman, atau jalan-jalan dengan keluarga. Sabar. Sekarang ini, anak-anak sedang belajar hal baru. Belajar berdisiplin untuk melindungi diri sendiri, melindungi keluarga dan teman-teman. Dengan cara apa? Disiplin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," jelas Jokowi. 

Ibu Iriana juga mengajak anak-anak untuk disiplin mencuci tangan setelah bermain, belajar, dan berkegiatan. Serta mengenakan masker setiap kali keluar rumah. 

"Disiplin mencuci tangan setelah bermain, setelah belajar, setelah berkegiatan. Disiplin memakai masker kalau keluar rumah, menghindari kerumunan di mana pun anak-anak berada," kata Ibu Iriana. 

Tetap Semangat Belajar dari Rumah

View this post on Instagram

Anak-anakku di seluruh Tanah Air, apa kabar semuanya? Setiap kali saya berkunjung ke daerah mana pun di Tanah Air ini, satu hal yang selalu membuat saya bersemangat bekerja: melihat senyum anak-anak Indonesia. Hari ini pun, tepat di Hari Anak Nasional, saya berbahagia bisa menyapa anak-anak dari seluruh penjuru Tanah Air walaupun hanya secara virtual. Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, pasti anak-anak sudah tidak sabar ingin belajar di sekolah, bertemu dan bermain dengan teman-teman, atau jalan-jalan dengan keluarga. Sabar. Sekarang ini, anak-anak sedang belajar hal baru. Belajar berdisiplin untuk melindungi diri sendiri, melindungi keluarga dan teman-teman. Dengan cara apa? Disiplin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Disiplin itulah satu-satunya cara kita semua terhindar dari virus Covid-19. Dan sembari beradaptasi dengan kebiasaan baru itu, anak-anak harus tetap semangat belajar dari rumah, tetap sehat, dan bergembira. Jangan lupa untuk tetap rajin beribadah, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga pandemi ini segera berlalu. Agar anak-anakku kembali bisa ke sekolah, belajar dan bermain bersama teman-teman, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga nanti membawa negara kita menjadi negara maju.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Selain belajar berdisiplin menjaga kebersihan dan kesehatan, Jokowi juga mengajak anak-anak Indonesia untuk tetap bersemangat menjalani berbagai aktivitas, termasuk belajar dari rumah. 

"Disiplin itulah satu-satunya cara kita semua terhindar dari virus Covid-19. Dan sembari beradaptasi dengan kebiasaan baru itu, anak-anak harus tetap semangat belajar dari rumah, tetap sehat, dan bergembira," tambahnya. 

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun mengajak anak-anak untuk tetap rajin beribadah, berdoa agar pandemi ini segera berakhir. 

"Jangan lupa untuk tetap rajin beribadah, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga pandemi ini segera berlalu. Agar anak-anakku kembali bisa ke sekolah, belajar dan bermain bersama teman-teman," tutup Jokowi. 

#ChangeMaker

 

Simak Video Berikut

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Nutrisi Bagi Pencernaan dan Imun Tubuh Anak
Artikel Selanjutnya
4 Bahan Herbal yang dapat Meningkatkan Produksi ASI dengan Cepat