Sukses

Parenting

Ini 4 Tips Aman Merawat Kuku dan Kulit Bayi

Fimela.com, Jakarta Tangan dan kaki bayi yang baru lahir membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit tetap lembut. Memotong kuku bayi juga perlu dilakukan untuk menghindari bayi menggaruk bagian tubuh yang dapat mengakibatkan luka. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga jari tangan dan kaki si kecil yang perlu Mom ketahui.

Potong dan Bersihkan Kuku Si Kecil

Mom harus menjaga kuku bayi terpotong dengan baik. Karena bayi baru lahir belum mengembangkan kontrol motorik dengan sempurna. Ia akan sering mengayun-ayunkan lengannya, menggaruk-garuk tubuhnya. Kuku bayi tumbuh dengan cepat, para orang tua perlu memotongnya dua kali dalam seminggu. Jangan memotong kuku terlalu dekat dengan kulit, tetapi jangan panik jika melihat setetes darah, karena itu akan sembuh dengan cepat.

Lindungi Kaki dan Tangan Bayi Menggunakan Sarung Tangan

Sarung tangan bayi adalah cara terbaik untuk melindungi tangan bayi dan mencegahnya menggaruk dirinya sendiri. Beberapa orang tua menggunakan kaus kaki kecil untuk melindungi kaki bayi. Kaus kaki, seperti sarung tangan bekerja dengan baik untuk melindungi bayi dari suhu dingin dan menjaga suhu tubuhnya tetap dalam kondisi yang hangat.

Gunakan Lotion Bayi

Tidak jarang kulit bayi mengelupas pada minggu-minggu setelah kelahiran. Mom dapat menggunakan lotion bayi jika ingin menjaga kulit bayi terlihat halus dan lembut. Oleskan lotion dalam beberapa menit setelah mandi untuk membantu melembabkan kulit bayi.

Hati-hati Terhadap Kuku yang Tumbuh ke Dalam

Sesekali, bayi mungkin mengalami kuku pada jari tumbuh ke dalam. Pastikan untuk memotong kuku bayi secara teratur, itu dapat membantu mencegah kuku jari tumbuh ke dalam.

Menjaga dan merawat kulit serta kuku bayi memang perlu dilakukan. Tetapi hal ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena kulit bayi yang masih terlalu sensitif.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Pelajaran Penting yang dapat Dipelajari dari Si Kecil
Artikel Selanjutnya
5 Tipe Orangtua Ideal yang Disukai Anak