Sukses

Parenting

4 Cara Tepat Melindungi Anak dari Kenakalan Remaja

Fimela.com, Jakarta Orangtua perlu melakukan usaha ekstra untuk melindungi anaknya dari bahaya kenakalan remaja. Masa remaja merupakan mesa transisi atau peralihan dari masa kanak-kanak menuju remaja atau setengah dewasa. Pada masa transisi ini tentunya aka nada banyak hal dan perubahan yang terjadi dalam hidup sang anak.

Mulai dari perubahan secara biologis, fisiologis, hingga lingkungannya. Oleh karena itu, pada masa transisi ini sebaiknya orangtua dapat beradaptasi dengan cepat mengganti pola asuh yang lama dengan pola asuh yang lebih sesuai dengan yang dibutuhkan anak. Pasalnya, pada masa remaja, mereka akan dipertemukan dengan kenakalan-kenakalan yang biasa dibuat remaja pada umumnya.

Contoh kenakalan remaja yang umum terjadi ialah malas sekolah hingga berani membolos tanpa kabar dan izin, membuat sebuah perkumpulan atau yang lebih familiar dengan sebutan ‘geng’, sampai berani mencoba rokok dan minuman keras lalu diakhiri dengan tawuran. Tentu saja semua itu adalah hal buruk yang tidak diinginkan orangtua terjadi pada anaknya.

Jika orangtua tidak ingin anaknya menjadi demikian, maka mereka harus tahu cara yang tepat untuk melindungi anak agar terhindar dari kenakalan remaja. Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas 4 cara tepat melindungi anak dari kenakalan remaja. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pola Asuh yang Seimbang

Pertama, cara tepat untuk melindungi anak dari kenakalan remaja ialah dengan menghadirkan pola asuh yang seimbang. Seimbang dalam arti ayah dan ibu juga berperan dalam mendidik anak, keduanya harus dekat dengan anak dan memiliki hubungan yang harmonis.

Hal ini penting karena salah satu penyebab anak mudah terjerumus pada kenakalan remaja ialah karena tidak mendapat perhatian dari orangtuanya, dirumah mereka tidak mendapatkan kehangatan yang seharusnya mereka dapatkan. Alhasil, kekosongan tersebut pun mereka tumpahkan pada pergaulan yang salah hingga melakukan kenakalan remaja.

Memilih Sekolah dan Teman Pergaulan

Kedua, cara tepat yang bisa dilakukan orangtua untuk melindungi anak dari kenakalan remaja ialah dengan memilihkan sekolah dan pergaulannya. Meman terlihat protektif namun ini merupakan langkah awal yang tepat agar orangtua bisa memilihkan sekolah yang tepat dan pergaulan yang akan dijalani oleh anaknya.

Perlu diingat bahwa kenakalan remaja juga bsia berawal dari lingkungan sekolahnya karena pergaulan dengan teman-teman sebayanya akan sering ia temui setiap hari. Maka dari itu, pastikan anak disekolahkan pada tempat yang aman dan memiliki pergaulan dengan teman secara sehat.

Membangun Komunikasi yang Baik dengan Anak

Selanjutnya, cara tepat yang ketiga untuk melindungi anak dari kenakalan remaja ialah dengan membangun komunikasi yang baik dengan mereka. Melalui hubungan komunikasi yang baik, orangtua puany kesempatan untuk menggali pengalaman apapun yang telah dialami sang anak sekaligus mengawasinya.

Tujuan dari komunikasi yang baik ini adalah agar anak mau terbuka pada orangtuanya. Pasalnya, ketika anak tidak berani atau takut berkomunikasi dengan orangtua maka penagwasan sulit dilakukan dan bisa jadi anak malah lebih terbuka dengan temannya yang akan menjerumuskannya pada lembah kenakalan remaja.

Menyeleksi Tontonan dan Bacaan

Terakhir, cara tepat untuk melindungi anak dari kenakalan remaja ialah dengan menyeleksi tontonan dan bacaan yang mereka lihat sehari-hari. Perkembangan digital yang sangat cepat seperti sekarang ini membuat anak mudah melihat hal-hal yang seharusnya tidak mereka lihat untuk seusianya. Ingat, apa yang dilihat dan didengar anak, itulah yang akan dicerminkannya.

Oleh karena itu, menjadi penting bagi orangtua untuk menyeleksi apa yang boleh dilihat dan tidak boleh dilihat, mulai dari tontonan hingga buku bacaan mereka. Terlihat agak protektif, namun hal ini perlu dibiasakan sejak mereka menginjak masa remaja agar anak terhindar dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak saat Memanfaatkan Teknologi
Artikel Selanjutnya
4 Tips Mencegah Anak Menyalahgunakan Penggunaan Media Sosial