Sukses

Parenting

4 Keuntungan Menggunakan Google Classroom untuk Sekolah Daring di Masa Pandemi

Fimela.com, Jakarta Sekolah daring masih terus dilakukan dalam proses belajar mengajar di Indonesia selama masa pandemi. Meski menemui banyak kendala, sekolah daring membuat Google Classroom menjadi andalan dalam membantu proses belajar mengajar.

Melalui Google Classroom, guru dan murid masih bisa bertemu secara virtual. Pertanyaan yang dimiliki oleh murid-murid dan tugas yang diberikan guru bisa diselesaikan melalui aplikasi ini.

Kegunaan Google Classroom semakin lengkap dan nyaman karena terhubung dengan beberapa layanan Google lainnya. Mulai dari Google Form, Google Drive, Google Docs, Gmail, hingga Google Meet.

Dengan banyaknya fitur yang bisa dimanfaatkan untuk sekolah daring, membuat Google Classroom memiliki beberapa keuntungan seperti dilansir dari Guiding Tech pada Selasa (25/8/2020).

1. Mengatur jadwal kelas

Guru bisa memanfaatkan Google Calendar untuk mengatur jadwal kelas-kelas yang berbeda. Selain itu, guru bisa langsung menyematkan tautan Google Meet untuk mengadakan pertemuan daring bersama murid-murid.

 

2. Menjadwalkan tugas

Kehadiran Google Classroom sebenarnya memudahkan guru untuk mengatur penjadwalan tugas. Secara terperinci, guru bisa menambahkan poin tugas di setiap nomor dan mempublikasikan tugas sesuai tanggal yang diinginkan.

3. Diskusi grup

Diskusi di dalam kelas seperti biasanya bisa dilakukan dalam Google Classrom. Dengan membuat pertanyaan, guru memberikan instruksi dari pertanyaan tersebut untuk kemudian dijawab oleh para murid.

4. Memberi materi tambahan

Guru tidak hanya memberikan materi power point atau tertulis dalam kurikulum. Melainkan juga bisa menambahkan materi dari beberapa sumber seperti YouTube. Setiap kelas yang dibentuk seperti timeline, guru bisa langsung mengunggah materi tambahan.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading